BERITA
Kamis 25 Juni 2020 | 13:30 WIB
Teknologi Touchless Melawan Pandemi


Sadarkah anda, begitu masuk ke sebuah gedung perkantoran atau mal yang sangat ketat, kini anda diuji dengan aneka alat berbeda yang semuanya demi kesehatan? Begitu masuk, anda berhadapan dengan sebuah sistem keamanan baru dengan penerapan protokol kesehatan dimulai dari pintu masuk sebuah gedung, seperti mewajibkan penggunaan masker, deteksi suhu dengan termometer infra merah atau Thermal CCTV Camera, hingga penyediaan hand sanitizer.

Dengan adanya pandemik ini, pengelola gedung memang harus melakukan pengaturan penerapan Physical Distancing, pengaturan jadwal kebersihan dan disinfeksi secara berkala. Bahkan ada perkantoran yang menerapkan Metode sterilisasi ruangan yang menggunakan sinar UV-C dengan memperhatikan prosedur keamanan dalam pelaksanaannya. Sinar UV-C ini efektif menghancurkan mikroba penyebab penyakit seperti virus, bakteri dan jamur.

Sejak pandemi Covid-19, standar keamanan sebuah bangunan atau gedung kini memang jauh berubah, karena dituntut untuk tidak hanya aman dari tindak kejahatan, namun juga aman dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Idealnya, semua lingkungan perumahan, dan pusat perbelanjaan serta tempat-tempat umum saat ini perlu memperhatikan keamanan dari sisi kesehatan.

Mengenal Teknologi Touchless

Memang, ada sesuatu yang patut disyukuri juga, bahwa dengan adanya virus ini, tidak membuat orang jadi patah semangat, tetapi malah bekerja keras mengembangkan teknologi, salah satunya teknologi keamanan yang mempermudah penerapan standar keamanan baru terkait dengan adanya wabah Covid-19. Sebagai contoh, pemeriksaan suhu di lobi gedung dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan teknologi Thermal Detection. Pengunjung bisa tetap merasa aman dan nyaman dengan adanya teknologi touchless. Mereka tidak perlu menyentuh langsung saat akan membuka pintu atau melakukan pembayaran.Saat ini, teknologi tanpa sentuhan dapat diterapkan mulai dari lingkungan tempat tinggal, gedung perkantoran hingga tempat umum seperti pusat perbelanjaan/mal.

Saat ini, teknologi tanpa sentuhan dapat diterapkan mulai dari lingkungan tempat tinggal, gedung perkantoran hingga tempat umum seperti pusat perbelanjaan/mal.  (foto :  ICT & IoT Specialist Consultant)

 

Penerapan touchless di tempat tinggal yaitu dengan teknologi smart home. Pengaturan kapan lampu menyala dan mati, membuka pintu, kapan mesin pendingin ruangan menyala, semua bisa dilakukan secara otomatis. Pengaturan tersebut juga bisa dilakukan dari jarak jauh dengan perangkat smartphone. Penerapan touchless di gedung perkantoran dilakukan dengan menggunakan teknologi Face Recognition untuk memberikan akses karyawan, mulai dari masuk lobi, akses lift hingga akses masuk ruangan yang sekaligus bisa menjadi data absensi karyawan. Di pusat perbelanjaan, pencegahan penularan virus bisa juga lewat metode cashless menggunakan aplikasi pembayaran lewat perangkat smartphone.

Pembicaraan tentang teknologi keamanan pun banyak dilakukan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang perangkat keamanan diri untuk mereka, seperti yang dilakukan oleh Datascrip yang menggelar E-Talkshow dengan tajuk “The New Normal for Building Security”, Selasa (16/6). Acara ini dihadiri oleh para pemilik dan pengelola gedung perkantoran, hotel, apartemen, pusat perbelanjaan/mal, sekolah hingga rumah sakit dari berbagai daerah, memaparkan banyak informasi dan pengetahuan tentang standar baru penerapan sistem keamanan gedung atau bangunan setelah datangnya pandemi Covid-19. Hadir para pembicara saat itu adalah Ivan Sie - ICT & IoT Specialist Consultant, Chandra Wirapati - Security & Risk Specialist Consultant dan Amran Nukman - Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia.

Foto saat  E-Talkshow dengan tajuk “The New Normal for Building Security”, Selasa (16/6) yang dihadiri oleh para pemilik dan pengelola gedung perkantoran, hotel, apartemen, pusat perbelanjaan/mal, sekolah hingga rumah sakit dari berbagai daerah ini

 

Dengan banyaknya seminar, webinar maupun talkshow seperti ini diharapkan pengelola gedung menjadi tahu bagaimana menerapkan standar keamanan baru untuk mencegah penularan Covid-19. Begitu juga dengan para pengguna gedung itu sendiri mengerti perubahan-perubahan yang terjadi serta mengetahui standar keamanan kesehatan yang dibutuhkan.

Di kantor asuransi ACA pun, kami menerapkan standar kesehatan dan keselamatan untuk semua yang berada di dalamnya, mulai dari staf dan karyawan hingga nasabah. Inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa Asuransi ACA hingga saat ini berhasil dalam mencegah mereka yang berada di kantor ACA terserang pandemik atau risiko kesehatan serta keselamatan lain.

Risiko kesehatan memang kian tinggi bahkan hingga kini dimana kita sudah berkantor atau berkegiatan seperti biasa. Ingatlah, risiko tetap masih ada. Bahkan risiko kesehatan perlu kita perhitungkan begitu kita akan meninggalkan rumah. Risiko kesehatan dan risiko keselamatan dan keamanan di jalan dan di tempat tempat umum.

Amankan dan payungi diri anda dan keluarga dari risiko kesehatan dengan memiliki asuransi Mediplus dari Asuransi ACA. Segeralah hubungi call center ACA di 021 31999100.

Anda bisa mengetahui tentang asuransi Mediplus dari www.aca.co.id.

Salam sehat dan sejahtera selalu dari Asuransi ACA

(Gt)





Berita Terbaru Lainnya

Kamis 09 Juli 2020 | 14:30 WIB

Memanajemeni Risiko Kehidupan

Senin 29 Juni 2020 | 16:00 WIB

Asuransi Bertahan di Era Pandemi

Kamis 25 Juni 2020 | 13:30 WIB

Teknologi Touchless Melawan Pandemi

Selasa 23 Juni 2020 | 07:45 WIB

Tips Mencetak File di Era New Normal

Rabu 17 Juni 2020 | 15:00 WIB

Kreatif Membuat Mainan Sendiri di Rumah

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100