BERITA
Jum'at 19 Maret 2021 | 07:15 WIB
Maret, Waktunya Punya Mobil Baru


Ada kabar baik di bulan Maret bagi anda yang ingin punya mobil baru. Pemerintah menerbitkan aturan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) nol persen untuk kendaraan mobil. Aturan yang berlaku mulai tanggal 1 Maret ini isinya tentang mobil baru yang masuk Indonesia tak perlu bayar pajak. Ini berarti harga kendaraan mobil baru bisa lebih murah. Di pasar memang harga mobil baru pada turun. Bahkan ada yang turunnya sampai 60-an juta rupiah. Jadi, tiba saatnya (bila finansial cukup) anda punya mobil baru.

Aturan tersebut tertuang dalam Kepmenperin No.169 Tahun 2021, tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021. Ada total 21 model kendaraan mobil yang sudah bisa memanfaatkan insentif PPnBM hingga nol persen ini. Mereka datang dari enam merek, yakni Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Suzuki, dan Wuling. Sedangkan Nissan seperti Nissan Livina tercantum di bawah payung Mitsubishi.

Syarat untuk kendaraan mobil bisa menikmati insentif ini adalah, mobil harus memenuhi kandungan komponen buatan lokal minimal 70 persen. Diskon ini menggunakan skema ditanggung pemerintah (DTP), dengan besaran diskon sebesar 100% pada bulan pertama. Artinya, pada tiga bulan pertama kebijakan ini berlaku, maka pada setiap pembelian kendaraan mobil baru di bawah 1.500 cc digratiskan PPnBM. Untuk tiga bulan berikutnya, besaran diskon yang diberikan sebesar 70%, dan tiga bulan terakhir sebesar 50%.

Maka, pemegang merk dalam menghadirkan mobil baru, tidak perlu membayar pajak. Ambil contoh saja kendaraan mobil merk Toyota. Setelah mendapat diskon pajak mobil baru, berlaku per 1 Maret 2021 maka harga kendaraan mobil merk Vios G CVT jadi Rp 281,6 juta (turun Rp 65,25 juta) Yaris TRD CVT 3AB : Rp 279,5 juta (turun Rp 19,75 juta) Sienta V CVT : Rp 274,7 juta (Rp 20,15 juta).

Inilah hembusan angin segar bagi masyarakat yang sudah lama mendambakan mobil baru. Tetapi di sisi lain, bisa jadi pukulan bagi para pedagang kendaraan mobil bekas. Mereka jadi perlu merevisi kembali harga mobilnya agar bisa bersaing. Maklumlah, yang tadinya berencana membeli kendaraan mobil bekas, bukan tak mungkin jadi berpikir ulang, setelah melihat perbedaan harga yang tidak setinggi sebelumnya dengan mobil baru. Jika memang dana mencukupi, mengapa tidak memilih mobil baru? Selain lebih aman dan nyaman, juga lebih dapat memberi jaminan untuk tidak perlu khawatir akan mesin yang merongrong atau komponen yang aus atau habis, apalagi bila anda ingin langsung berkendara bepergian ke tempat yang jauh.

Pernahkan anda mendengar sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa jika kita membeli mobil bekas, itu seolah membeli ‘dosa’ pemilik lama. Artinya, anda perlu siap menanggung ‘kekurangan perhatian’ mereka akan mobil yang ingin anda beli. Jadi, daripada menanggung, lebih baik menikmati (mobil) yang baru. Gengsinya pun lebih tinggi, walau harus kredit sekalipun.

Perlunya Perlindungan

Setelah memiliki mobil baru, apa langkah selanjutnya? Salah satunya, lindungi kendaraan mobil ini dari segala risiko bila terjadi kerusakan, bahkan bila terjadi risiko mobil hilang sekalipun dengan sebuah asuransi. Membeli sebuah polis asuransi untuk mobil baru itu berarti menambah kenyamanan dan ketenangan hati. Hati jadi tenang, kalaupun ada apa apa dengan mobil, sudah ada yang menanggungnya. Hanya saja perlu sebuah asuransi yang terpercaya. Ada Asuransi Kendaraan Bermotor dari Asuransi Central Asia (ACA) yang siap melindungi.

Lindungilah kendaraan baru anda dari berbagai risiko dengan membeli produk asuransi yang tersedia di ACA

Ini adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan atau proteksi atas kerugian, kerusakan, kehilangan atas kendaraan bermotor, yang disebabkan oleh risiko-risiko yang dijamin dalam polis Asuransi Kendaraan Bermotor.

Ada dua jenis perlindungan terhadap kendaraan mobil ini, yakni Comprehensive (gabungan) dan Otomate. Untuk Comprehensive, memberi jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan mobil. Sedangkan pada Otomate, merupakan produk perlindungan yang dikemas khusus dalam bentuk paket dan disertai dengan fasilitas layanan istimewa berupa mobil pengganti, perbaikan darurat, mobil derek dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mengunjungi Asuransi Kendaraan Bermotor.

Semangat punya kendaraan mobil baru, idealnya dibarengi semangat melindungi kendaraan dari aneka risiko. Dengan Asuransi Kendaraan Bermotor dari ACA, akan mengamankan finansial anda dan keluarga bila suatu kali terjadi risiko kerusakan, bahkan kalaupun kendaraan hilang. Segera hubungi call centre ACA untuk mendapatkan informasi lebih lengkap di (021) 31999100.

(Gt)



 





Berita Terbaru Lainnya

Jum'at 16 April 2021 | 14:30 WIB

Manfaatkan THR Secara Efisien

Kamis 25 Maret 2021 | 09:15 WIB

Bersepeda Keliling Jakarta via MRT

Jum'at 19 Maret 2021 | 07:15 WIB

Maret, Waktunya Punya Mobil Baru

Senin 08 Maret 2021 | 08:45 WIB

Cara ACA Mendukung Perekonomian Masyarakat

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100