BERITA
Kamis 25 Maret 2021 | 09:15 WIB
Bersepeda Keliling Jakarta via MRT


Di Jakarta, untuk yang biasa bersepeda,sekarang sudah bisa bepergian jauh ke lokasi lain di Jakarta dalam waktu sangat singkat. Tidak perlu mengangkutnya ke dalam mobil. Caranya? Naikkan saja ke atas kereta api MRT.

Dengan bersepeda, selain menyehatkan dan meyegarkan tubuh, juga tidak menyumbang polusi ke udara.Tetapi, bagaimana jika model sepeda kita adalah sepeda balap (bukan model sepeda lipat)?

Jangan khawatir, sejak tanggal 24 Maret 2021, sepeda non lipat sudah bisa masuk ke kereta MRT Jakarta. Memang satu hal yang perlu kita perhatikan adalah, berapa ukuran sepeda kita.Ini karena pihak MRT memberi syarat bahwa sepeda non lipat yang bisa masuk ke kereta MRT hanya sepeda reguler dengan dimensi maksimal 200 cm x 55 cm x 120 cm. Sedangkan, sepeda tandem dilarang masuk. Sebelumnya,sepeda yang bisa masuk ke kereta adalah jenis lipat dan boleh dibawa via kereta LRT.

Hal lain yang perlu kita ingat,waktu untuk bisa mengakses kereta MRT dengan kereta non lipat juga terbatas. Pada hari Senin-Jumat, sepeda non lipat diizinkan masuk kereta MRT hanya di jam sibuk antara pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB. Sedangkan, pada Sabtu-Minggu lebih fleksibel menyesuaikan jam operasional MRT.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar. Menurutnya, fasilitas ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat yang ada di Jakarta. Di tahap awal ini memang baru 3 stasiun MRT saja yang sudah dilengkapi dengan fasilitas jalur khusus sepeda di tangga yakni Stasiun Lebak Bulus Grab, Blok M BCA dan Stasiun Bundaran HI.

Mengapa ketiga stasiun ini yang dipilih, selain karena posisinya yang strategis, juga karena letaknya di tengah. Jadi relatif dekat apalagi bila rumah kita ada di Kebayoran Baru atau di Jakarta Pusat.

Dengan mudahnya kita menaikkan sepeda, baik yang jenis lipat maupun non lipat, tentu membuat kita tidak saja lebih mudah dan semakin cepat berada dilokasi lain, tetapi juga semakin aman. Bila rumah anda di sekitar jalan Fatmawati misalnya, dan anda ingin bersepeda di kawasan Bundaran HI di hari Minggu pagi, maka anda tidak harus mengayuh sepeda anda ke sana. Cukup ajak saja sepeda anda ke stasiun MRT Haji Nawi atau stasiun lain yang paling dekat dengan rumah anda disepanjang jalan Fatmawati.


Kemudahan akses membawa sepeda via MRT diharapkan meningkatkan semangat masyarakat untuk bersepeda.

Bersepeda via MRT semakin aman, karena bisa lebih membuat anda aman dari kecelakaan lalu lintas dan risiko lain seperti terjatuh, kelelahan dan risiko kesehatan akibat fisik dan stamina anda yang bisa saja kelelahan.

Akan tetapi memang, baik anda akan memanfaatkan MRT maupun memilih mengayuh sepeda anda langsung dari rumah ke lokasi lain di Jakarta, anda harus peduli dengan aneka risiko di atas. Maka usahakanlah seaman mungkin dalam.berkendara. Beberapa tipsnya adalah:

Bersepeda santai, tidak perlu ngebut karena anda tidak tengah berkompetisi

  • Gunakan pelindung, helm, decker (pelindung siku dan kaki),gunakan kacamata pelindung debu, sarung tangan. Pakaikan lampu berkedip di sepeda dan periksa bagian vital seperti rem.Jika memungkinkan, pakaikan kaca spion kecil di stang sepeda.
  • Sediakan air minum,handuk kecil dan sediakan juga masker serta hand sanitizer dalam tas kecil yang ditempatkan di box kecil sepeda.
  • Bersepeda di lajur kiri dan bila konvoi,usahakan tertib

Kepedulian lain, lindungi diri anda terhadap akibat dari risiko kecelakaan yang mungkin saja terjadi dengan asuransi. Asuransi ini bermanfaat khususnya bila kita merasa, bahwa bersepeda adalah aktivitas yang mengandalkan kemampuan fisik. Di sisi lain, di jalan kita akan banyak berbarengan dengan kendaraan lain yang lebih besar.

Ada ACA Asuransi yang memiliki beberapa produk kesehatan dan perlindungan diri. Salah satunya adalah Asuransi Kecelakaan Diri. Asuransi ini memberikan perlindungan bagi anda dan keluarga nonstop 24 jam bila terjadi risiko kecelakaan,denganrisiko mengalami cacat atau meninggal dunia.Lebih jauh tentang Asuransi Kecelakaan Diri ini bisa anda ketahui dengan mengunjungi link: Asuransi Kecelakaan Diri

Inilah serangkaian langkah bijak sebelum anda bepergian dengan sepeda, termasuk ketika memilih MRT untuk membawa anda dan sepeda anda. Tidak hanya saat akan bersepeda, dimana pun anda, siapapun anda,khususnya yang berusia 19 tahun ke atas dan 65 tahun ke bawah, memiliki sebuah asuransi kecelakaan itu seperti sudah jadi keharusan. Segera, hubungi call center ACA di 021 31999100

(Gt)





Berita Terbaru Lainnya

Senin 24 Mei 2021 | 14:30 WIB

Ketahui Fungsi Airbag pada Mobil

Rabu 21 April 2021 | 14:15 WIB

Let It Flo, Solusi Bayar Tol Tanpa Berhenti

Jum'at 16 April 2021 | 14:30 WIB

Manfaatkan THR Secara Efisien

Kamis 25 Maret 2021 | 09:15 WIB

Bersepeda Keliling Jakarta via MRT

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100