BERITA
Kamis 20 January 2022 | 09:30 WIB
Ketahui Fungsi dan Komponen Rem Cakram Pada Mobil


Rem mobil merupakan salah satu komponen penting pada  mobil yang berfungsi untuk melakukan pengurangan laju ketika sedang berkendara. Pada dasarnya prinsip kerja rem mobil yaitu mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi panas.

 

Sistem rem dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu seperti rem hidrolik, rem cakram, rem tromol, dan juga rem ABS (anti-lock braking system). Lantas, apa itu rem cakram? bagaimana cara kerja rem cakram? Rem cakram adalah sistem pengereman yang memakai dengan cara di jepit untuk mengurangi dan menghentikan putaran sebuah piringan yang berada pada roda kendaraan.

 

Sistem rem cakram ini diklaim lebih sederhana dan lebih responsif dibandingkan dengan jenis rem yang lainnya karena mempunyai penampang rem yang lebih kecil tapi memiliki daya gersek yang sangat kuat yang saling menekan gaya gesekan sehingga proses pengereman menjadi lebih efektif.

 

Ada beberapa komponen utama yang berperan besar dalam cara kerja rem cakram, diantaranya:

 

  1. Piringan Cakram

Berfungsi sebagai media penekanan oleh kampas rem untuk memunculkan efek braking. Disc brake terbuat baja karena komponen ini harus bisa menahan panas yang dihasilkan dari gaya gesek yang terjadi saat proses pengereman.

 

  1. Kampas Rem

Berfungsi menjepit piringan dan menciptakan gaya gesek sehingga putaran roda dapat berhenti.

 

  1. Kaliper Rem

Berfungsi menciptakan gerakan mekanis sehingga kampas dapat menjepit piringan cakram. Kaliper rem akan bekerja ketika terjadi tekanan yang dihasilkan oleh fluida minyak rem.

 

  1. Pedal Rem

Komponen yang terhubung langsung dengan mobil. Komponen ini yang biasa Anda injak saat melakukan pengereman.

 

  1. Braket Kaliper

Berfungsi sebagai tempat untuk memasangkan Kaliper dan hal ini akan membuat caliper berada pada tempatnya, sehingga tidak akan bergerak.

 

  1. Rem Penguat

Membantu meringankan tenaga penekanan pedal rem, tanpa harus mengurangi daya pengereman.

 

  1. Silinder Utama

Bekerja dengan mengubah gerakan mekanis pada bagian pedal rem menjadi tekanan hidrolik.

 

Mengingat kerjanya yang begitu berat pada kendaraan, rem cakram membutuhkan perawatan yang lebih intens. Memang melakukan perawatan komponen ini cukup sulit karena hanya bisa diketahui dengan melakukan pengereman di mana kondisi fisiknya tidak dapat dilihat langsung dari luar.

 

Untuk lebih aman pada saat berkendara,  Anda dapat melakukan pengecekan kondisi mobil secara rutin pada bengkel mobil. Selain itu lengkapi juga perlindungan mobil anda dengan produk  Asuransi Kendaraan Bermotor dari ACA. Pilihannya, ada Comprehensive(Gabungan) dan Otomate. Anda bisa pelajari perbedaan keduanya pada link tersebut.

 

Produk Asuransi ACA ini memberi jaminan perlindungan atau proteksi atas kerugian / kerusakan / kehilangan atas kendaraan bermotor, yang disebabkan oleh risiko-risiko yang dijamin dalam polis Asuransi Kendaraan Bermotor. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center ACA di 021 31999100 . (FS)





 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100