BERITA
Senin 17 January 2022 | 13:00 WIB
Jangan Anggap Sepele Air Wiper Kosong pada Mobil


Pada musim kemarau atau panas, seringkali kita melupakan fungsi dari wiper mobil. Kondisi jalan yang panas dan juga berdebu, wiper tidak dibutuhkan untuk membersihkan air hujan dari kaca mobil. Namun ketika musim hujan datang, maka wiper mobil menjadi alat yang sangat vital. Wiper juga sebagai komponen penunjang keselamatan berkendara yang sangat penting. Komponen ini cukup vital sebagai alat pembersih kaca depan maupun belakang yang berguna untuk memberikan pandangan berkemudi supaya tetap ideal.

Pada saat hujan, kaca mobil terkadang masih menyisakan kotoran meskipun telah disapu oleh wiper. Ketika hal ini terjadi, air wiper sangat berguna untuk membasuh kotoran-kotoran yang tersisa agar mudah dibersihkan wiper. Sehingga pandangan pada kaca mobil tidak kotor dan buram saat anda sedang berkendara.

Walaupun jarang diperhatikan, namun jangan menganggap sepele dari kegunaan wiper. Berikut risiko akibat air wiper dibiarkan kosong:

 

  • Menimbulkan Goresan pada Kaca

Pengendara seringkali mengabaikan ketersediaan air wiper pada mobil. Apalagi jika penggunaan yang jarang membuat komponen satu ini luput dari pengecekan. Padahal jika air wiper pada tabung reservoir kosong, maka wiper secara langsung bergesekan dengan kaca mobil anda yang berisiko menimbulkan goresan pada kaca. Maka hal ini bisa membahayakan pengemudi, karena mengakibatkan rusaknya pandangan pengemudi saat berkendara.

 

  • Menganggu Pandangan Pengemudi

Penggunaan air wiper sangat berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa pada kaca mobil. Oleh karena itu jika air wiper di tabung reservoir kosong, maka membuat kotoran-kotoran tersebut akan sulit dibersihkan dan saat penggunaan wiper hanya akan membuat kotoran tersebut makin melebar dan menyebar. Sehingga kotoran yang makin melebar akan menyebabkan pengemudi sulit melihat jalan dan kehilangan pandangan ideal.

 

  • Terjadi penyumbatan pada saluran air

Selain risiko-risiko tersebut, kondisi tabung reservoir yang lama dibiarkan kosong akan menimbulkan risiko kerusakan komponen-komponen dalam saluran ini. Tabung reservoir yang lama dibiarkan kosong bisa menyebabkan kotoran bersarang dan menyebabkan penyumbatan.

 

  • Berakibat kerusakan pada mobil

Bagi para pengguna mobil sebaiknya melakukan cek berkala kondisi air wiper. Pengguna hanya perlu mencari posisi tabung reservoir dan mengisinya jika volume air sudah surut. Walaupun ini tidak berhubungan langsung dengan kondisi mesin namun keberadaannya tetap diperlukan terutama soal kenyamanan. Kemudian juga harus mengecek kondisi semprotan air wiper untuk memastikan semprotan lancar dan mengarah dengan benar.

 

Ketika air wiper mobil mendadak macet, untuk beberapa jenis kendaraan memang bisa diperbaiki sendiri terutama yang noselnya berada di area terbuka. Namun jika nosel air wiper di bodi mobil terletak langsung di tangkai rumah karet wiper sebaiknya dibawa ke bengkel resmi untuk diperiksa sekaligus diperbaiki.

Perlu diketahui bahwa dari hal sepele bisa mengakibatkan sesuatu yang sangat berbahaya, misalnya saat anda berkendara ditengah derasnya hujan, lalu air hujan dapat mengembun di permukaan kaca yang dapat mengakibatkan terhalangnya pandangan si pengemudinya karena keadaan pandangan yang buram. Apabila pandangan si pengemudi terhalang, maka akan sangat berbahaya sekali dan hal ini dapat mengakibatkan resiko terjadinya kecelakaan.

Apapun faktor penyebab kecelakaan diatas, bisa mengancam nyawa serta merusak mobil anda. Untuk melindungi kemungkinan risiko diatas menimpa anda, lebih baik lindungi diri anda dan keluarga dengan asuransi. Oleh karena itu lengkapi juga perlindungan anda dengan memiliki produk Asuransi dari ACA.

ACA Asuransi memiliki beberapa produk yang dapat memproteksi kendaraan anda yaitu diantaranya Asuransi Comprehensive, Otomate dan TLO. Selain itu juga ada Asuransi Perlindungan Diri yakni Asuransi Kecelakaan Diri yang memberikan perlindungan bagi Anda dan keluarga bila terjadi kecelakaan yang tak terduga selama 24 jam setiap hari, 365 hari setahun, di seluruh dunia. Perlindungan dalam bentuk santunan kerugian bila terjadi musibah kecelakaan diri.

Untuk informasi lebih lengkapnya bisa kunjungi website di www.aca.co.id , lalu pilih ke menu produk atau juga bisa hubungi call center ACA untuk ingin mengetahui seputar Asuransi yang ingin ditanyakan di  021 31999100

Risiko bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, Segera lengkapi perlindungan dengan Asuransi ACA.

Perlindungan kami adalah kenyamanan anda.

 

Penulis: Supandy





 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100