BERITA
Senin 24 Mei 2021 | 14:30 WIB
Ketahui Fungsi Airbag pada Mobil


Sudah tidak asing di telinga kita mendengar kata seat belt (sabuk pengaman) pada mobil. Ini merupakan salah satu fitur keselamatan yang ada didalam mobil. Selain seat belt, ternyata ada fitur keselamatan lainnya yang biasa disebut airbag. Hampir semua mobil baru pada saat ini memiliki fitur airbag. Apakah airbag itu? Dan seberapa pentingkah?

Dilansir dari situs Suzuki Indonesia , airbag (kantung udara) merupakan salah satu komponen pada mobil yang dapat melindungi pengendara dan penumpang. Komponen ini dihadirkan sebagai bentuk pelengkap kebutuhan pengendara yang banyak berujung pada benturan. Meskipun telah dilengkapi seat belt, dengan adanya alat pelindung diri ini kinerja fitur keselamatan pada mobil akan lebih efisien lagi.

Fungsi dan Cara Kerja Airbag

Airbag berfungsi untuk melindungi bagian tubuh vital seperti kepala, leher dan dada ketika terjadi benturan keras / kecelakaan. Lalu bagaimana cara kerjanya? Ketika terjadi benturan keras/ kecelakaan, sensor yang ditempatkan di beberapa titik pada mobil akan mengirimkan sinyal dan membuat kawat mekanisme airbag akan menjadi panas. Selanjutnya hasil dari panas tersebut akan menghasilkan sejumlah gas nitrogen untuk mengisi airbag dan membuat airbag mengembang. Tubuh yang ditahan oleh seatbelt , akan membentur airbag (kantung udara) ini sehingga dapat meminimaliisir cidera yang tidak diinginkan .

Kemudian airbag akan mengempis secara perlahan melalui lubang-lubang berukuran kecil dikarenakan oleh gas nitrogen yang terdapat dalam airbag mulai keluar. Tentunya gas nitrogen ini tidaklah berbahaya bagi tubuh kita karena udara yang kita hirup 78 persen mengandung gas nitrogen.

Jenis airbag berdasarkan lokasinya

  1. Airbag pengemudi
    Jenis airbag ini terletak di bagian tengah setir dan bertujuan melindungi pengemudi apabila terjadi kecelakaan
  2. Airbag penumpang
    Jenis airbag ini terletak pada bagian atas dashboard mobil dan bertujuan melindungi penumpang di sebelah pengemudi
    Umumnya, airbag pengemudi dan airbag penumpang ini biasa dikenal dengan istilah Dual SRS Airbag, yaitu Airbag yang diletakkan sebanyak dua buah di bagian depan.
  3. Airbag samping
    Jenis airbag ini terletak pada sisi terluar atau sisi yang dekat dengan pintu kendaraan dari kursi pengemudi maupun penumpang. airbag ini berguna untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi tabrakan dari arah samping kiri / kanan mobil.
  4. Airbag lutut
    Jenis airbag ini terletak di bagian bawah dashboard yang bertujuan untuk melindungi bagian lutut pengemudi dan penumpang.
  5. Airbag pilar
    Jenis airbag ini ditempatkan pada bagian pilar atau sisi dekat kaca jendela bertujuan untuk melindungi kepala dan leher pengemudi maupun penumpang.

 

Kondisi airbag ketika sesudah terjadi kecelakaan

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan cara kerja suatu airbag pada mobil, dapat disimpulkan bahwa airbag ini merupakan salah satu fitur yang sangat penting yang terdapat pada mobil.

Risiko bisa saja terjadi dimanapun atau kapanpun tanpa kita duga-duga. Saat berkendara dibutuhkan konsentrasi yang tinggi dan kesabaran saat mengendarai mobil agar kita sebagai pengemudi beserta penumpang yang ikut bersama di dalam mobil bisa aman dan selamat sampai di tempat yang akan kita tuju.

Agar perjalanan kita bisa semakin aman dan nyaman, pastikan juga kita memiliki produk asuransi kendaraan yang dapat melindungi kendaraan kita dari berbagai risiko. ACA Asuransi menyediakan produk asuransi kendaraan bermotor diantaranya Comprehensive, Otomate dan TLO yang menawarkan berbagai benefit. Segera hubungi call centre ACA untuk mendapatkan informasi lebih lengkap di (021) 31999100.

(PM)





Berita Terbaru Lainnya

Senin 24 Mei 2021 | 14:30 WIB

Ketahui Fungsi Airbag pada Mobil

Rabu 21 April 2021 | 14:15 WIB

Let It Flo, Solusi Bayar Tol Tanpa Berhenti

Jum'at 16 April 2021 | 14:30 WIB

Manfaatkan THR Secara Efisien

Kamis 25 Maret 2021 | 09:15 WIB

Bersepeda Keliling Jakarta via MRT

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100