BERITA
Selasa 29 Juni 2021 | 08:45 WIB
Tempat Tinggal Ideal, Rumah atau Apartemen?


Tempat tinggal menjadi kebutuhan utama bagi manusia. Setiap manusia membutuhkan tempat tinggal, terlebih bagi pasangan muda yang baru menikah dan memiliki penghasilan yang menginginkan hunian terbaik .

Banyak pertimbangan dalam memilih tipe hunian terbaik, baik dari lokasi, harga, biaya perawatan dan lain sebagainya. Seperti diketahui, harga hunian tempat tinggal semakin meningkat setiap tahunnya. Dengan melambungnya harga rumah tapak di daerah strategis perkotaan , ini menjadi salah satu pertimbangan apakah tetap memilih rumah tapak atau memilih alternatif lainnya seperti apartemen sebagai tempat untuk dijadikan hunian.

Pilihlah hunian / tempat tinggal yang dapat membuat anda aman dan nyaman.

Sebelum memilih membeli rumah tapak atau apartemen, berikut beberapa hal yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan :

  1. Lokasi

Bagi anda yang ingin memiliki rumah di perkotaan , saat ini tidak mudah jika anda memilki budget terbatas. Ini dikarenakan harga tanah di wilayah perkotaan sudah sangat mahal dan anda hanya mendapatkan lahan yang terbatas. Alternatif jika ingin tetap memiliki rumah tapak anda harus mencari rumah di daerah pinggiran perkotaan yang lokasinya tidak efektif jika anda bekerja di wilayah perkotaan. Akan membuang waktu anda lebih lama untuk pergi dan pulang kerja.

Saat ini sudah banyak pengembang properti yang menawarkan apartemen di lokasi strategis dekat pusat kota. Sehingga anda dapat menekan biaya transportasi pergi dan pulang ke kantor.

  1. Hak kepemilikan

Jika anda membeli rumah tapak , anda akan mendapatkan sertifikat hak milik (SHM). SHM merupakan bukti kepemilikan yang paling kuat dalam hukum saat ini. Hal ini akan memberikan benefit lebih mudah jika anda ingin menjual rumah / ingin menjadikan sertifikat ini sebagai jaminan saat mengambil pinjaman di bank.

Sedangkan saat anda membeli apartemen, anda hanya akan mendapatkan hak guna bangunan (HGB) yang nantinya harus diperpanjang dalam jangka waktu tertentu (misalnya 20 tahun atau 30 tahun) jika anda ingin tetap menggunakan apartemen tersebut.

  1. Harga

Untuk perumahan yang berada di wilayah perkotaan, harga akan lebih tinggi dibanding dengan perumahan yang berada di wilayah pinggiran perkotaan. Anda juga harus menyiapkan biaya tambahan untuk membeli perabotan rumah tapak. Sedangkan harga apartemen lebih terjangkau karena anda hanya membayar ruangan dan fasilitas yang tersedia , terlebih jika apartemennya sudah full furnished.

  1. Fasilitas

Fasilitas suatu rumah tergantung dari apakah rumah tersebut terdapat dalam suatu komplek (cluster) atau tidak. Tentu jika rumah cluster akan mendapatkan beberapa fasilitas misalnya seperti sarana olahraga (track jogging / kolam renang / lapangan basket), fasilitas keamanan jika mengadopsi one gate system, dan jika beruntung ada beberapa pengembang properti yang mendirikan sekolah berada dekat dengan rumah cluster yang anda beli. Jika bukan rumah cluster, tentu tidak akan mendapatkan fasilitas seperti layaknya rumah cluster.

Rata-rata apartemen saat ini sudah banyak menyediakan fasilitas umum . Diantaranya seperti sarana olahraga (tempat gym, kolam renang), taman untuk bermain anak, jaringan internet WiFi. Apalagi saat ini banyak apartemen yang berada dekat dengan fasilitas publik seperti sarana transportasi yang memadai contohnya Transjakarta, MRT, LRT, dan Commuter Line.

  1. Biaya Perawatan

Selain harus menyiapkan budget untuk membeli rumah atau apartemen , anda juga harus menyiapkan budget untuk biaya perawatan. Hal tersebut dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih hunian yang terbaik. Saat membeli rumah, anda bisa mengatur biaya yang dikeluarkan setiap bulannya secara mandiri . Diantaranya yaitu biaya air, listrik yang dapat disesuaikan secara flexible (saat ini ada listrik yang menggunakan pulsa token), dan untuk biaya tetapnya seperti iuran kebersihan dan keamanan. Jangan anda lupakan untuk menyiapkan budget untuk renovasi dalam kurun waktu tertentu, karena tidak selamanya rumah yang anda tempati selalu dalam keadaan yang terbaik. Bisa saja terjadi kebocoran pada rumah anda yang mengharuskan anda mengeluarkan biaya renovasi yang terbilang lumayan dan bisa membengkak seiring dengan mahalnya harga bahan bangunan.

Jika anda membeli apartemen, anda harus menyiapkan biaya maintenance apartemen bulanan yang terbilang cenderung besar, biaya keamanan, listrik, air dan parkir bulanan. Untuk renovasi bisa dijadikan opsional jika anda ingin merubah tampilan apartemen sesuai dengan keinginan anda.

Anda telah mengetahui beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam membeli suatu hunian yang nyaman. Sebagai tips tambahan, anda bisa mengecek artikel kami yang berkaitan tentang pembelian hunian yaitu Milenial Jangan Takut Mencicil Rumah.

Apapun pilihan anda, pastikan juga anda melindungi hunian pilihan anda beserta barang-barang yang berada di dalamnya dari berbagai risiko yang mengintai seperti kebakaran, pencurian, gempa bumi, dan sebagainya, dengan membeli asuransi properti. Asuransi menawarkan solusi yang menghilangkan kekhawatiran Anda atas risiko diatas.

Lindungilah rumah / apartemen anda dengan asuransi ASRI

ACA Asuransi memiliki produk asuransi unggulan untuk Rumah maupun Apartemen yang bernama ASRI (Asuransi Rumah Idaman). Jika anda ingin mengetahui tentang asuransi ASRI , silahkan kunjungi link berikut: Produk ASRI. Ayo segera miliki hunian pilihan anda dan hubungi hotline ACA di 02131999100 untuk informasi selengkapnya mengenai jaminan perlindungan ASRI.

(PM)





Berita Terbaru Lainnya
 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100