BERITA
Kamis 19 January 2023 | 15:45 WIB
Jenis Vitamin yang Larut Dalam Lemak


Vitamin (vital amine, vitamin) adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam  metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

 

Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya "hidup" dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus fungsi yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N.

 

Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal

 

Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan. Bila kadar senyawa ini tidak mencukupi, tubuh dapat mengalami suatu penyakit. Umumnya, tubuh membutuhkan vitamin yang terdiri atas dua jenis, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K) serta vitamin larut dalam air (vitamin B dan C).

 

Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan dalam hati, jaringan lemak, dan otot tubuh. Vitamin ini biasanya ditemukan terutama dalam makanan berlemak seperti:

 

  • Lemak hewani, termasuk mentega
  • Minyak sayur
  • Produk susu dan olahannya
  • Hati
  • Ikan berminyak (teri dan salmon)

 

Tubuh membutuhkan vitamin ini untuk bekerja dengan baik, tetapi Anda tidak perlu mengonsumsinya dalam jumlah banyak setiap hari.

Pasalnya, vitamin larut lemak ini dapat menumpuk di tubuh saat tidak digunakan dan bisa berbahaya jika jumlahnya berlebihan.

 

Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan di dalam jaringan adiposa (lemak) dan di dalam hati. Vitamin ini kemudian akan dikeluarkan dan diedarkan ke seluruh tubuh saat dibutuhkan. Beberapa jenis vitamin hanya dapat disimpan beberapa hari saja di dalam tubuh, sedangkan jenis vitamin lain dapat bertahan hingga 6 bulan lamanya di dalam tubuh.

 

Asupan makanan yang mengandung vitamin yang tepat sangat berguna untuk kegiatan serta aktivitas kita sehari-hari sehingga membuat kita selalu fit dan juga meningkatkan performa sehingga kita tidak mudah jatuh sakit.

 

ACA Asuransi memilki produk unggulan asuransi kesehatan kumpulan Medi plus untuk memberikan perlindungan kepada karyawan dan pemimpin perusahaan, dengan manfaat yang bisa disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing perusahaan.  Silahkan kunjungi website ACA dengan mengklik www.aca.co.id Atau bisa juga hubungi call center ACA di 021 31999100 untuk mengetahui informasi lebih lengkap lagi tentang Asuransi ini atau seputar produk asuransi lainnya.

 

ACA Asuransi, Perlindungan kami adalah kenyamanan anda

*artikel ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber





Berita Terbaru Lainnya

Kamis 19 January 2023 | 15:45 WIB

Jenis Vitamin yang Larut Dalam Lemak

Kamis 12 January 2023 | 09:00 WIB

Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Solo Traveling

Senin 09 January 2023 | 09:00 WIB

Jangan Parkir Mobil Anda Sembarangan

Kamis 05 January 2023 | 14:00 WIB

Waspada Saat Cuaca Ekstrem

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100