BERITA
Senin 11 Oktober 2021 | 10:00 WIB
Jadi Wanita Karier sekaligus Ibu Rumah Tangga , Bisakah?


Perubahan zaman selalu terus berkembang, dari sisi seorang wanita dihadapkan oleh dua pilihan yang bisa membuat sebuah perubahan dalam hidup. Zaman dahulu, wanita dianggap tidak pantas dan tidak mampu untuk bekerja atau berkarier, bahkan sukses. Banyak sekali stereotip yang muncul di masyarakat. Mulai dari wanita seharusnya di rumah, memasak, mencuci, hingga mengurus anak. Hingga muncul istilah emansipasi wanita, kini membuat wanita memiliki ruang gerak yang besar dan wanita juga memiliki hak yang sama dengan pria. Wanita berhak untuk bekerja, berkarier, dan terjun ke dunia bisnis secara langsung.

Bagi wanita yang sudah menikah, tentu paham banyak sekali biaya yang harus disiapkan setelah menikah. Belum lagi dengan hadirnya sang buah hati, yang akan menjadi perhatian terbesar di keluarga. Seperti yang kita tahu, saat wanita sudah memiliki anak, banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan. Misalnya biaya pendidikan, kesehatan, keperluan rumah tangga dan lainnya. Apalagi biaya Pendidikan pun semakin lama semakin mahal, dan jika sudah menikah, kita pasti membutuhkan rumah untuk ditempati yang harganya pun semakin fantastis.

Tetapi, bagaimana jika kebutuhan keluarga semakin banyak dan sang istri ingin membantu suami? Tentu saja, jalan keluarnya adalah dengan bekerja untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Saat memutuskan untuk mulai bekerja, pasti banyak sekali pro kontra yang hadir untuk para wanita. Seperti halnya bingung mengatur waktu hingga terkadang ada beberapa pekerjaan rumah yang terbengkalai. Untuk kamu wanita karir sekaligus ibu rumah tangga dan ingin mengetahui bagaimana tips sukses di kantor dan juga di rumah. Mari kita simak tips berikut ini supaya tetap menjadi seorang wanita karir dan ibu rumah tangga yang sukses.

1. Mengatur waktu yang tepat.

Tips pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan memulai mengatur waktu pekerjaan di kantor dan di rumah. Saat pekerjaan di kantor sangat banyak, jangan lupakan kewajiban utama di rumah.

Alokasikan waktu secara tepat, seperti saat di rumah, alokasikan waktu sepenuhnya untuk keluarga. Yang berarti fokusmu selama dirumah tidak memikirkan masalah pekerjaan yang menganggu waktu dengan keluarga. Begitu juga saat bekerja, fokuslah pada pekerjaan agar dapat selesai tepat waktu. Dengan mengatur waktu yang tepat, keluarga dan rekan kerja tidak akan protes dengan kesibukan kamu.

2. Tetap memberikan waktu sendiri ‘me time’

Sebagai wanita yang memiliki peran ganda, alangkah baiknya juga kamu memberikan waktu untuk “me time” dan istirahat dari jenuhnya kehidupan yang kamu jalani sehari-hari. Sesibuk apapun pekerjaan dalam mengurus rumah tangga dan urusan kerja, kamu tetap perlu yang namanya “me time” atau biasa disebut “waktu untuk diri sendiri”.

Tenangkan diri sejenak dengan melakukan aktivitas menenangkan seperti pergi ke suatu tempat misalnya salon, perawatan wajah, spa atau hanya sekedar pijat refleksi. Sehingga kamu bisa lebih tenang dan nyaman saat menjalankan dua peran sekaligus.

3. Mengelola keuangan keluarga dengan tepat

Salah satu alasan wanita bekerja adalah untuk mendapatkan pendapatan tambahan untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Maka, sudah saatnya kamu mengelola keuangan keluarga dengan tepat. Janganlah memakai uang untuk sesuatu yang tidak penting atau mubazir, lalu sisihkan uang untuk tabungan masa depan. Supaya untuk kemudian hari ada biaya-biaya yang ingin digunakan, kamu sudah memiliki tabungan tersebut. Misalnya biaya pendidikan, kesehatan, kebutuhan rumah tangga, dan lainnya.

4. Memiliki Komunikasi yang baik

Menjalin komunikasi yang baik adalah kunci sukses seorang ibu rumah tangga yang juga merangkap sebagai wanita karir. Jika kamu memiliki komunikasi yang kurang baik, maka akan sulit untuk pasangan mengerti keadaan satu sama lain. Komunikasi yang baik merupakan kunci terpenting dalam berumah tangga, karena perlu adanya kerjasama yang baik dalam berumaht angga agar kehidupan menjadi harmonis dan nyaman. Dengan memiliki komunikasi yang baik dengan pasangan juga dapat memudahkan kamu dalam mengatur diri saat di kantor maupun di rumah. Sehingga, tidak membuat semakin stres dan dapat berkinerja dengan baik.

5. Kendalikan pikiran dan emosi, serta jaga pola hidup sehat

Saat menjadi wanita berkarier sekaligus ibu rumah tangga tentu memiliki tenaga ekstra dan stamina yang kuat saat menjalani dua peran sekaligus. Tak hanya itu saja, mengontrol emosi juga sangatlah penting. Seperti memiliki beban yang banyak membuat seseorang menjadi cenderung sensitif, apalagi seorang wanita. Saat menemui suatu masalah baik di kantor maupun di rumah, lebih baik kamu mulai berpikiran secara tenang. Carilah sebuah tempat atau waktu untuk menenangkan pikiran dan hati. Lalu luangkan waktu untuk istirahat yang cukup, makan dan olahraga yang teratur. Supaya aktifitas yang sangat melelahkan ini tidak membuat tubuh drop atau sakit.

Menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga memang sangat menguras energi dan pikiran, perlu adanya perlindungan kesehatan agar aktifitas yang melelahkan dapat terjamin. Oleh karena itu ada solusi untuk menjamin kesehatan selama menjalankan dua peran sekaligus. Asuransi ACA memiliki produk asuransi untuk wanita yakni Asuransi Wellwoman. Asuransi wellwoman merupakan Asuransi khusus bagi wanita yang terdiagnosa kanker pada organ kewanitaan dengan manfaat santunan maksimal sampai dengan Rp 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah).

Bayangkan, berapa banyak biaya yang harus anda keluarkan jika anda mulai sakit? Terlebih lagi aktifitas melelahkan yang membuat daya tahan tubuh anda akan rentan terhadap penyakit. Walaupun sekarang belum terkena, ingatlah untuk tetap mawas diri. Mulailah menjaga diri sendiri agar tetap aman dan terlindungi sejak dini. Hubungi call center ACA di 021 31999100 atau klik www.aca.co.id untuk informasi lebih lanjut. Dan bisa juga langsung datang ke kantor ACA terdekat untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik.

Lindungi diri Anda bersama ACA, Karena Perlindungan Kami Adalah Kenyamanan Anda #risikoACAinsaja.

(Supandy)

 





Berita Terbaru Lainnya
 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100