BERITA
Rabu 11 Juli 2018 | 09:30 WIB
Bagaimana Memilih Perusahaan Asuransi Kesehatan yang Ideal


Apa alasan utama anda ikut asuransi? Untuk berjaga-jaga bila nantinya sakit ? Atau berjaga-jaga tidak hanya bila sakit, tetapi bila finansial anda terganggu di masa depan nanti? Atau untuk dapat menafkahkan keluarga bila mungkin kepala keluarga nanti terkena musibah?Apapun alasannya, perusahaan asuransi yang kita pilih seharusnya memang bisa kita andalkan dan percayai penuh dapat membantu saat menghadapi masa masa yang tidak kita harapkan. Masalahnya, bagaimana kita mengetahui bahwa perusahaan tersebut memang bonafid dan dapat diandalkan? Beberapa poin di bawah ini bisa saja anda gunakan sebagai acuan sebelum anda yakin dan mantap memilih asuransi tersebut.

 

Bagaimana Reputasi Perusahaannya

Tentu saja ini mudah anda ketahui, misalnya dengan mencari tahu ke teman, atau browsing di Google. Pelajari reputasi mereka dari rekam jejaknya dalam melayani nasabah.Tak semua perusahaan asuransi memiliki reputasi bagus dan profesional dalam memberikan pelayanan. Asuransi ACA, dengan reputasi selama puluhan tahun di bidang asuransi, perlu anda jadikan salah satu pilihan, termasuk bila dilihat dari sisi reputasi perusahaan. Reputasi ini juga ditandai dengan telah terdaftarnya perusahaan PT. Asuransi Central Asia di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

Kelayakan Uang pertanggungan

Karena tujuan anda berasuransi adalah untuk berjaga-jaga, maka asuransi  harus dapat memberikan uang pertanggungan yang memadai bila peristiwa yang tak diinginkan menimpa kita. Tentu saja sesuai dengan jenis produk asuransi beserta besaran pertanggungan yang kita pilih. Disini, kita perlu melihat bagaimana mampu/memadai asuransi tersebut dalam tingkatan tertentu memberikan perlindungan. Perlindungan yang diberikan harus memadai.

 

Pilihlah, Lebih Memprioritaskan Uang Pertanggungan(UP) atau Premi?

Banyak calon nasabah asuransi mencampur kebutuhan akan proteksi jiwa dan keinginan pengembalian premi. Umumnya, jika Anda mencari UP tinggi maka premi akan hangus. Sebaliknya jika premi ingin dikembalikkan maka UP akan kecil. Jadi, Anda harus memilih, mau UP atau pengembalian premi, tidak bisa keduanya. Karena tujuannya adalah proteksi, nilai UP sebaiknya menjadi fokus utama. Apapun pilihan anda, perusahaan asuransi harus siap menerima.

 

Perhatikan Tentang RBC

OJK telah menetapkan ukuran baku dari kelayakan finansial sebuah perusahaan asuransi dengan tingkat solvabilitas dan Risk Based Capital (RBC). Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk membayar semua kewajibannya, baik itu utang jangka pendek maupun jangka panjang. Sedangkan RBC merupakan tolak ukur yang berkaitan dengan keamanan keuangan yang dijanjikan oleh perusahaan kepada nasabah. Artinya, seberapa besar kemampuan perusahaan itu untuk membayar semua klaimnya. Semakin tinggi presentasi sebuah RBC dari perusahaan asuransi, berarti perusahaan tersebut semakin baik dalam memberi jaminan kepada nasabah. Perusahaan asuransi tersebut mempunyai bukti keuangan yang kedepannya dapat digunakan sebagai jaminan dari pelayanan kesehatan untuk seluruh nasabah. Ini membuktikan jika perusahaan dari asuransi memiliki pelayanan bagus karena memiliki finansial atau keuangan yang cukup dengan bukti dari aktifitas keuangan yang akurat, maka dapat membayar tagihan atau klaim dari nasabahnya. Jika perusahaan tersebut susah untuk memberikan bukti, sebaiknya hindari agar tidak terjadi masalah nantinya.

 

Premi Terjangkau

Apakah produk asuransi tersebut punya premi yang terjangkau? Jangan membuat finansial keluarga jadi terganggu setelah anda ikut asuransi, karena harus membayar premi perbulannya. Pilihlah premi yang terjangkau dan sesuai kemampuan keuangan saat itu. Mahal murah tentu relatif. Ingatlah, kesalahan memilih produk, akan  menyebabkan premi menjadi mahal. Tanyakanlah ke agen asuransi anda, apa produk yang preminya terjangkau ? Tetapi ingat, jangan mudah terkecoh dengan promo iuran premi yang murah. Karena semakin murah harga premi yang harus Anda bayarkan, maka akan semakin minim layanan kesehatan yang akan Anda dapatkan.

 

Rumah Sakit Rekanan Apakah Dekat?

Coba cari tahu dan pelajari daftar rumah sakit mana saja yang telah bekerjasama dengan produk asuransi kesehatan yang ingin Anda pilih. Alangkah baiknya jika rumah sakit langganan Anda dan keluarga atau rumah sakit terdekat dari tempat tinggal - masuk ke dalam daftar tersebut. Jangan sampai asuransi kesehatan yang bagus telah Anda miliki tetapi rumah sakit rekanannya jauh, atau tidak dapat digunakan di banyak rumah sakit. Apalagi yang relatif dekat dari rumah. Ini penting, khususnya bila suatu kali nanti seseorang mengalami keadaan darurat.

 

Mudahkah Bila Klaim?

Sebelum memilih produk asuransi kesehatan, sebaiknya cermati terlebih dahulu sistem klaim yang mereka tawarkan. Jangan sampai nantinya anda perlu menghadapi birokrasi panjang bila mengajukan klaim. Atau pemrosesannya memakan waktu lama. Begitupun dengan pengisian laporan untuk mengklaim.  Dalam asuransi kesehatan dikenal dengan dua sistem klaim, yaitu cashless dan reimbursement.

 

Memiliki Jaringan Luas

Ini bisa diartikan memiliki jalinan kerjasama yang luas dengan banyak rumah sakit. Selain itu juga bila di luar negeri, asuransi ini menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, yang kian meringankan kita bila sedang berada di luar negeri.

 

ACA adalah perusahaan asuransi dengan asset besar, dan memiliki sejumlah kelebihan pada kedelapan poin di atas. Untuk membuktikannya, bagaimana bila anda ikut dalam produk asuransi ACA?  Silahkan anda hubungi call center ACA di 021 31999100. Juga klik website www.aca.co.id

(gtaca060718)





Berita Terbaru Lainnya

Kamis 20 September 2018 | 10:00 WIB

Asuransi Aneh Yang Perlu Kamu Ketahui

Jum'at 14 September 2018 | 16:30 WIB

Rupiah Melemah, Saatnya Ikut Asuransi?

Kamis 13 September 2018 | 09:15 WIB

Kenal Asuransi dengan Asuransi Mikro

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100