INFO ASURANSI
Selasa 16 Juni 2020 | 10:30 WIB
Kreatif Membuat Mainan Sendiri di Rumah


Lama tinggal di rumah pasti membuat anda jenuh. Bahkan setelah mencoba membunuh waktu dengan membaca, menonton TV bahkan bermain game. Nah, mengapa tidak mencoba game lain yang berbeda dari biasanya? Mungkin saja anda bosan dengan game PlayStation atau game di PC, dan permainan lain yang telah anda beli. Anda tentu bisa mencoba permainan tradisional seperti main congklak, petak umpet, lompat tali, dsb, yang dulu pernah kita mainkan semaca kecil. Tetapi tahukah anda, ada permainan yang juga melatih anak berkreasi dengan membuat sebuah prakarya murah dan mudah? Anak anda akan merasa tertantang untuk kreatif.

Di bawah ini ada dua jenis permainan diantara sekian banyak permainan yang sifatnya DIY (Do it Yourself).

Bermain Ketapel

Coba lihat gambar 1 di bawah ini. Sebuah permainan ketapel yang memakai galah pelanting atau pelempar. Ini merupakan permainan yang melatih kemampuan motorik halus sang anak, science (kenapa bisa melontarkan), juga seni (membuat sesuatu bukankah itu namanya seni?). Alat ini membantu dan memancing anak untuk berpikir kritis. Dibuat hanya dari beberapa buah stik es krim yang bisa dibeli di supermarket, beberapa karet, dan sendok plastik. Susunlah stik stik tersebut seperti pada gambar. Lalu diikat karet. Karet juga mengikat sendok.

Sebagai bantuan, anda bisa mengklik link berikut ini.

https://youtu.be/2QfOu8tzS7s

Dengan susunan demikian, dia bisa berfungsi sebagai penjungkit. Lalu, apa yang di jungkitkan? Bisa saja bola bola kertas yang anda buat. Taruh dalam sendok, lalu tarik ke bawah sendok, lalu lepaskan. Bola akan terpental. Nah, di depan alat ini bisa anda tambahkan keranjang atau basket agak besar untuk dijadikan lomba memasukkan bola, atau lomba jarak jauh lemparan bola. Anda bisa saja memasang satu lembar kertas HVS kosong pada dinding. Lalu masukkan bola kertas tadi ke dalam satu tempat cat air warna. Taruh di sendok pelanting, dekatkan posisi alat ini dengan kertas tadi, dan huppp…. bola akan mengenai kertas, hingga membentuk satu pola gambar tertentu. Satu lagi idenya, isilah sendok dengan makanan yang disukai anak seperti marshmellow. Lalu diantara mereka atau dengan anda, lontarkan hingga berhasil masuk ke mulut yang tengah membuka, atau pemilik mulut yang berusaha memakan marshmellow itu.

Permainan ketapel, dengan melantingkan benda yang di dalam sendok.

 

Permainan Kamizumo

Ada lagi permainan lain yang bisa dibuat murah meriah oleh anak anda. Permainan ini asalnya dari Jepang, namanya Kamizumo. Berasal dari kata Kami yang artinya kertas, dan Sumo yaitu permainan Sumo yang dibuat dari origami. Origami adalah satu istilah untuk seni melipat kertas. Sumo kita ketahui adalah olahraga gulat khas Jepang. Permainan ini dibuat dari sebuah kardus bekas (bisa dari bekas perangkat elektronik, kardus piring, dan lain lain yang bentuknya pipih). Dus ini diberi lingkaran di tengahnya, dan ditengah lingkaran buatlah dua garis sejajar yang digunakan untuk posisi awal pesumo berdiri sebelum mulai bermain.

Setelah itu, buatlah origami (kertasnya berwarna) untuk membuat pesumonya. Kertas origami ini bisa dibeli di toko buku. Cara melipatnya, anda bisa mengetahuinya dengan mengklik link, seperti berikut ini.

https://youtu.be/SgrOXSlBcSc

Cobalah anak anda yang membuatnya. Ini untuk melatih motorik halus dan melatih sportifitas bermain. Memang tujuan akhirnya juga hanya untuk menyenangkan. Mengisi waktu bersama keluarga.

Disini ada dua pesumo (terbuat dari origami tadi) yang akan saling bertarung, berusaha untuk tidak keluar dari area lingkaran permainan. Mereka akan bergerak gerak akibat getaran pada kardus yang disebabkan oleh ketukan jari kita yang cepat dan berulang ulang – bisa satu jari atau dua jari tergantung kesepakatan. Pemilik yang pesumonya keluar area, dinyatakan kalah. Ketukan mereka ini hanya pada bagian tengah dus. Setiap mulai permainan, pesumo diletakkan pada area tengah.

Permainan Kamizumo, juga melatih kreatifitas anak

Sebagai contoh saja, berikut kami sertakan link video yang kami buat sendiri di Youtube tentang permainan ini.

https://youtu.be/gdvHVKhMBU8

Itulah dua contoh permainan sederhana yang anda atau anak anda bisa buat sendiri. Masih banyak tentu permainan yang sangat mudah dan murah untuk dibuat tetapi manfaatnya bisa tinggi, karena bisa menceriakan anda bersama keluarga di rumah, dan pada akhirnya membuat keluarga jadi betah di rumah. Jika sudah demikian, jangan sampai keasyikan dan kemeriahan ini terganggu oleh karena datangnya hal hal yang tak diinginkan.

Bisa saja karena kelalaian atau tanpa anda duga, rumah anda terkena risiko kebakaran. Bisa juga kedamaian anda dan keluarga terusik karena rumah anda kebobolan maling atau datangnya bencana alam, misalnya banjir. Bukan tidak mungkin, rumah anda rubuh karena bencana alam lainnya seperti angin topan. Tidak sedikit sebetulnya risiko yang bisa dialami rumah anda, termasuk bila bermasalah dengan pihak ketiga. Mengapa tidak kita alihkan risiko itu pada perusahaan asuransi. Ada ACA Asuransi dengan produk ASRI-nya. ASRI (Asuransi Rumah Idaman) akan melindungi dan mengambil alih risiko yang bisa saja terjadi pada rumah anda. Apa saja risiko itu? Anda bisa ketahui dengan mengklik www.aca.co.id. Dan untuk lebih jelasnya tentang poin poin perlindungan, dan kemudahan kemudahan yang didapat, anda bisa menghubungi call center ACA di 021 31999100.

Hayo tetap bersemangat tinggal di rumah, bersama keluarga yang anda sayangi. Ciptakan kreasi kreasi untuk dibuat dan mainkan permainan menarik, bahkan yang murah meriah sekalipun dan anda atau anak anda buat sendiri. Ingatlah pesan bijak ‘rumahku istanaku’. Lindungi rumah anda dari aneka risiko dengan ASRI dari Asuransi ACA.

(gt)



 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100