BERITA
Kamis 11 January 2024 | 09:30 WIB
Perhatikan Tips Ini Sebelum Renovasi Rumah Kesayangan


Rumah merupakan tempat ternyaman untuk melakukan berbagai aktivitas sehari – hari. Ketika kondisi rumah sudah tidak terlihat oke dan banyak sekali kerusakan yang terjadi seperti dinding retak, atap bocor, dan lain sebagainya, memang sudah waktunya untuk melakukan renovasi rumah.

Renovasi rumah bukanlah hal yang sepele untuk dilakukan, renovasi sendiri ada yang sifatnya sebagian dan total. Merenovasi rumah sendiri adalah salah satu bentuk peremajaan bangunan yang perlu dilakukan setiap pemilik rumah, demi menjaga huniannya bertahan lama sekaligus memberikan perubahan dari segi bentuk, struktur dan desain bangunan.

Bagi Kamu yang berencana untuk melakukan renovasi rumah dalam waktu dekat, simak dulu beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini berhubung hasilnya akan kamu nikmati dalam jangka panjang:

Perencanaan anggaran

Buatlah anggaran biaya secara detail, mulai dari material yang dipakai, biaya pertukangan. Pastikan untuk menyisihkan dana tambahan untuk kemungkinan biaya tambahan yang mungkin muncul.

Izin dan regulasi

Pastikan Kamu memahami persyaratan izin yang diperlukan untuk merenovasi rumah. Periksa peraturan bangunan setempat dan ikuti prosedur yang berlaku.

Pilih kontraktor yang berpengalaman

Pilih kontraktor yang berpengalaman dan terpercaya. Periksa referensi, lihat proyek-proyek sebelumnya, dan pastikan kontraktor memiliki lisensi yang sah. Usahakan mendapatkan kontraktor yang sudah direkomendasikan oleh beberapa orang terpercaya.

Buatlah daftar

Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan. Bagaimana kamu ingin menata rumahmu, bahan apa yang harus kamu beli, perencanaan renovasi interior, dan lain-lain, semuanya harus dimasukkan dalam daftar.

Pakailah bahan/material tahan lama

Pilihlah material bangunan yang, selain aman, hemat dan tahan lama, namun juga melindungi keluarga Kamu dari setiap pergantian musim. Material dari bahan bekas bongkaran rumah lama juga mungkin saja masih bisa dipakai dan merupakan pilihan yang cerdas untuk menekan biaya.

Prioritas ruangan

Prioritaskan ruangan yang paling penting untuk direnovasi terlebih dahulu. Misalnya, memperbaiki dapur atau kamar mandi mungkin lebih mendesak daripada renovasi ruang tamu.

Pertimbangkan masalah air dan listrik

Air adalah salah satu elemen yang paling vital dalam rencana pekerjaan renovasi. Terutama yang patut diperhatikan yaitu jangan menambahkan kamar mandi tanpa mengetahui dengan cermat jalur pipa, tangki air, dan kapasitas pemanas air. Selain air, listrik juga memegang peran penting untuk sebuah rumah. Tanpa listrik, Kamu tidak bisa melihat dengan nyaman, menonton TV, bermain game, atau bekerja. Pastikan panel listrik bisa memenuhi kebutuhan penghuni rumah setelah renovasi nanti.

Perhatikan proses renovasi

Walaupun Kamu sudah berkonsultasi dengan ahli bangunan, tapi tidak ada yang lebih baik dari Kamu yang bisa mengawasi pekerjaan. Kamu tahu apa yang kamu inginkan. Jadi, Kamu kadang-kadang akan menjadi orang terbaik untuk memandu proses renovasi. Namun, ketika Kamu harus tidak ada waktu, bicarakan dengan pembangun dan buat pengaturan.

 

Merenovasi rumah bisa menjadi pengalaman yang memuaskan jika dilakukan dengan perencanaan yang baik dan perhatian terhadap detail. Selain itu, Kamu juga dapat memberikan proteksi rumah dengan asuransi rumah.

ACA asuransi memiliki produk unggulan yaitu ASRI (Asuransi Rumah Idaman) dimana asuransi ini menjamin apabila rumah kesayangan anda mengalami musibah kebakaran baik dari asset anda sendiri maupun dari tetangga sebelah rumah. Selain itu beberapa jaminan lain untuk produk ASRI adalah petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan & huru-hara, kebongkaran (pencurian dengan kekerasan), terorisme & sabotase, bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, kerusakan akibat air, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, dan tanggung jawab hukum terhadap tuntutan pihak ketiga, dll. (fs)





Berita Terbaru Lainnya

Senin 26 Februari 2024 | 09:30 WIB

Tips Memilih Genteng yang Sesuai Dengan Rumah Kamu

Kamis 22 Februari 2024 | 13:15 WIB

MITRACA Menembus Batas Bersama Agen

Kamis 15 Februari 2024 | 09:30 WIB

Olahraga yang Cocok dijadikan Pilihan Saat Musim Hujan

Selasa 30 January 2024 | 08:45 WIB

Sambut Awal Tahun, ACA Gelar Kick Off Meeting 2024