BERITA
Selasa 24 Maret 2020 | 15:30 WIB
ACA Lawan Corona


Dampak Corona Virus Disease19 (Covid 19) yang begitu dahsyat hingga menelan ribuan jiwa di dunia , membuat banyak kalangan termasuk perusahaan melakukan berbagai usaha preventif demi mencegah mereka yang bekerja di perusahaannya selamat dari ancaman virus. Demikian halnya dengan PT Asuransi Central Asia (ACA).

Kepada karyawannya, ACA memberi pemahaman tentang virus ini seperti menginfokan hal hal seperti di bawah ini :

  • Covid 19 sepintas mirip dengan flu biasa, namun bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan benar
  • Ditularkan antar hewan ke manusia dan manusia ke manusia
  • Jalur penyebaran bisa lewat kontak fisik, cairan penderita (ludah, bersin ke hidung/mata)
  • Gejala klinis COVID-19 akan muncul setelah 2-14 hari sejak terinfeksi, dan dapat menular meskipun belum menunjukkan gejala infeksi. Inilah salah satu yang membuat penyebarannya begitu cepat, karena orang yang tertular atau membawa (carrier), tidak segera tahu diriya tertular, sehingga dia tanpa sadar menularkan ke orang lain. Begitulah seterusnya, seperti efek domino. Dengan masa inkubasinya adalah 14 hari
  • Gejalanya, demam tinggi, batuk kering, dan sesak napas. Ada pula yang mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual dan muntah
  • Yang membuatnya sangat berbahaya bagi hidup manusia adalah ketika dia menyebabkan komplikasi yang lebih serius, seperti sindrom gangguan pernapasan akut, pneumonia (infeksi paru) yang berat, edema paru, dan kegagalan fungsi organ-organ tubuh, seperti ginjal

Melihat kondisi ini maka ACA berusaha keras untuk mencegah atau setidaknya memperlambat penularan COVID-19 ini pada karyawannya. Maka seluruh karyawan baik Kantor Pusat dan Cabang/Perwakilan ACA wajib menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara, yang diambil sebagai berikut dan juga menerapkan system kerja di rumah (work from home).

Menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir minimal 20 detik. Atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% terutama setiap kali selesai melakukan aktivitas, seperti: buang air kecil, buang air besar, memegang uang, handle pintu public toilet, dan lain lain.

Hindari menyentuh atau mengusap mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci atau tersanitasi. Menerapkan etika ketika batuk/bersin dengan cara menutup mulut dan hidung ketika bersin dan batuk menggunakan siku bagian dalam atau menggunakan tissue dan langsung membuang tissue yang sudah digunakan tersebut ke tempat sampah.

Membatasi kontak fisik dengan orang lain, misalnya berjabat tangan dan mempertahankan jarak dengan orang yang sedang batuk atau bersin minimal dua meter.

Memang hal diatas tidak saja perlu dilakukan dikantor, tetapi juga dirumah. Karyawan diharapkan dapat menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat, minum air mineral minimal 8 gelas perhari, berolahraga rutin dan seimbang, juga tidak pergi ke pasar hewan liar dan memastikan hewan peliharaan telah mendapatkan vaksin sesuai standar.

ACA pun aktif melakukan pengecekan kesehatan, misalnya saat memasuki lingkungan kerja, seluruh karyawan wajib melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermometer scanner. Bilamana suhu tubuh di atas 37,5 derajar celcius, karyawan tidak diperkenankan memasuki lingkungan kantor dan diminta langsung untuk memeriksakan diri ke dokter. Atas ketidakhadiran ini karyawan wajib mengisi formulir Panduan Antisipasi Dampak COVID-19. Karyawan juga telah diberikan informasi tentang cara mencuci tangan yang benar, memakai masker, penyediaan hand sanitizer.

ACA juga memberlakukan ketentuan Work From Home (WFH) dengan membentuk team yang bergantian masuk kerja dan bekerja di rumah. Jika keadaan tambah parah, bukan tidak mungkin ACA akan memberlakukan konsep Lockdown, dimana seluruh karyawan dilarang ke kantor dan bekerja dari rumah (WFH). Disini Kantor Pusat/Cabang/Perwakilan ACA tetap beroperasi namun tidak menerima layanan tatap muka. Komunikasi dengan nasabah, rekan kerja, rekanan usaha, dan stake holder lainnya dilakukan melalui media komunikasi alternatif.

Inilah yang dilakukan ACA dalam menyikapi adanya Covid-19 ini. Manajemen ACA terbuka dalam menginfokan apa yang menjadi kebijakannya ini kepada masyarakat, khususnya melalui media. Untuk mendukung terlaksananya WFH dengan baik dan lancar, Divisi IT akan menyediakan beberapa sarana dan prasarana, Sistem/Program dan jaringan, dan pemakaian internet. Dimana perusahaan akan memberikan akses kepada media untuk mengetahui informasi terkini mengenai penanganan COVID-19 di lingkungan perusahaan. ACA juga menyampaikan informasi ke media/publik yang dilakukan secara terpusat oleh Corporate Secretary.

Maka seluruh karyawan, baik pusat maupun daerah, diminta tidak membuat pernyataan maupun memberikan informasi yang bersifat internal kepada media/publik dengan mengatasnamakan perusahaan. Sedangkan semua penyampaian informasi dari ACA kepada Nasabah atau masyarakat umum dilakukan melalui media resmi perusahaan, seperti: website perusahaan, sosial media perusahaan (Instagram, Facebook, dan lain lain), dan email.

Inilah beberapa hal yang dilakukan ACA ini untuk melindungi kepentingan mereka yang bekerja di ACA ini pada khususnya. Ini merupakan kepedulian ke dalam, juga bentuk kepedulain ke luar – yakni ke para nasabah dari ACA. Dengan banyaknya produk asuransi yang dimiliki oleh ACA, tentu kian banyak juga nasabah pemilik polis asuransi ACA. Bukan tidak mungkin mereka, khususnya yang terpaksa harus tidak tinggal di rumah sesuai anjuran karena harus bekerja– kemudian akan terkena virus ini. Demi mencegah hal inilah, ACA menyarankan juga anda untuk juga melakukan langkah langkah preventif seperti di atas (diluar yang terkait keputusan kantor tentu), terutama untuk berusaha terus tinggal di rumah, rajin membersihkan tangan dengan sabun antiseptik dan lain lain. Sebab Kesehatan anda menentukan kesehatan orang lain.

Mari berjuang menjaga kesehatan tubuh kita dengan semangat bersama menangkal apa saja yang bisa menjadi penyebab hadirnya Covid19. Jadikan Asuransi ACA sebagai partner sehat anda yang juga siap menanggung risiko finansial bila anda mengalami musibah seperti gempa bumi, mobil tabrakan, kesehatan anda terganggu, bisnis dan lain lain. Hubungi call center ACA di 021-31999100. Klik www.aca.co.id untuk mengetahui aneka rupa produk asuransi ACA

(Gt)





Berita Terbaru Lainnya

Selasa 04 Agustus 2020 | 14:15 WIB

Meneropong Asuransi di Masa Depan

Selasa 28 Juli 2020 | 14:00 WIB

Sadar Bahaya Penyakit, Sadar Berasuransi

Selasa 21 Juli 2020 | 16:00 WIB

Menjadi Partner ACA di Mitraca

Selasa 14 Juli 2020 | 16:15 WIB

DBD atau Tipus?

Kamis 09 Juli 2020 | 14:30 WIB

Memanajemeni Risiko Kehidupan

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100