INFO ASURANSI
Kamis 05 Desember 2019 | 10:30 WIB
Milenials Jangan Takut Mencicil Rumah


Untukmu generasi milenial (lahir tahun 1982 – 1995) yang belum memiliki rumah sendiri, jangan takut punya rumah, jangan tunda punya rumah. Jangan pernah berpikir, nanti saja punya rumah jika sudah atau jelang menikah. Sekarang saja langsung kamu pikirkan, bahkan kemudian targetkan. Segera ambil cicilan. Segera ambil rumah. Mengapa?

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu segera berpikir memiliki rumah.

  1. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan program yang menjangkau milenial agar sanggup membeli rumah. Program tersebut tetap menggunakan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Nantinya, kalangan milenial yang berencana membeli rumah akan dapat subsidi dari pemerintah. Program ini sebelumnya sudah berjalan, namun bagi generasi milenial, pemerintah akan menyiapkan skema khusus.
  2. Kamu yang Generasi Milenial tergolong sebagai kaum produktif. Artinya, kelompok usia ini masih bisa mendapatkan banyak pemasukan dan semangat kerja yang masih menggebu-gebu. Dengan demikian, kalangan milenial bisa membuktikan jika mereka bisa memiliki pendapatan lebih dari satu sumber. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang usianya jauh lebih tua yang dinilai tidak produktif lagi. Jadi, mumpung masih dalam kelompok usia ini, yuk kita mulai menargetkan punya rumah.
  3. Harga rumah cenderung naik terus. Jika kamu tidak ‘memaksakan’diri untuk membeli rumah atau hunian dari sekarang, khawatirnya di masa datang akan lebih mahal. Contohnya, harga rumah ukuran 70/36 di tahun 2018 dihargai Rp350 juta. Bisa jadi 2-3 tahun kemudian naik jadi Rp500 juta hingga Rp600 juta. Oleh karena itu, jika membeli rumah dari sekarang, paling tidak seiring nilai uang yang akan terus menurun akan memberikan keringanan cicilan kepada kita.

Tahukah kamu, mengapa banyak temanmu belum memiliki rumah hingga kini? Salah satunya, karena mereka lebih suka untuk sesering mungkin memikirkan kegiatan lain. Misalnya, jalan jalan atau travelling, kulineran bareng, clubbing, dan lain lain yang sifatnya bersenang senang. Sadar atau tidak, bila sering dilakukan, keguatan tersebut tentu akan menghabiskan uang. Nah, gaya hidup mereka yang boros membuat di masa milenial mereka inilah yang lalu menumbuhkan keyakinan tak akan sanggup mencicil rumah ketika suatu kali ditanyakan soal memiliki rumah. Tanpa sadar, mereka sering dijejali informasi bahwa mereka tidak akan mampu membeli rumah. Alasannya harga rumah saat ini tidak sebanding dengan pendapatan mereka.

Ada yang berpendapat, generasi milenial itu sedikit berbeda dengan generasi baby boomers (Generasi ini dimulai dari mereka yang lahir setelah perang dunia ke-2, yaitu 1946 hingga 1965). Bila baby boomers memandang aset properti sebagai lambang kesuksesan, generasi milenial rata rata tidak memandang kesuksesan itu didapat dengan memiliki rumah sendiri. Mereka rata rata lebih bangga bila unjuk diri bisa pelesiran ke suatu tempat. Lebih memilih pelesiran karena menyangkut pertambahan pengalaman hidup. Tak heran, kaum milenial yang jumlahnya mencapai 35 persen dari total populasi Indonesia memilih menunda beli properti. Apakah kamu ingin menjadi bagian yang belum memiliki rumah di 35 persen ini?

Berikut tips singkat agar kamu selalu punya semangat untuk memiliki rumah baru.

  • Terapkan pendekatan emosional dengan menganggap rumah merupakan salah satu kebutuhan primer. Memang bagi sebagian besar dari milenial, sejatinya ingin membeli properti, tetapi belum bisa terealisasi karena pendapatan masih kecil atau bahkan karena belum memiliki sumber penghasilan
  • Mulailah membuat perencanaan penganggaran untuk rumah, tentu saja tanpa menomorduakan hal hal penting lainnya untuk anda atau keluarga anda.
  • Carilah program atau paket pembelian rumah murah, khususnya bila penjual properti memang mengarahkan targetnya untuk anak muda atau pasangan baru. Umumnya mereka menerapkan harga dan sistem pembayaran yang mudah serta milenial friendly. Misalnya kredit dengan jangka waktu hingga 20 atau 25 tahun
  • Selain suku bunga rendah, carilah yang tidak ada batasan uang muka, dan lihatlah apakah tawaran yang ada memungkingkan kamu bebas memilih tipe rumah hingga uang muka dengan besaran yang relatif rendah
  • Yang terakhir dan sangat penting, lindungilah rumah anda. Karena ini aset berharga anda, sehingga perlu anda lindungi dari aneka risiko. Misalnya, kebakaran, terkena sambaran petir, ancaman ledakan dari benda yang ada di dalamnya. Juga ada saja risiko kecil seperti kejatuhan pesawat, asap,kerusuhan atau huru-hara. Dan yang potensial adalah seperti kebongkaran (pencurian dengan kekerasan). Ada lagi risiko terhadap terorisme dan sabotase, bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, kerusakan akibat air, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, dan tanggung jawab hukum terhadap tuntutan pihak ketiga.

Lindungi rumah Anda dengan Asuransi. Asuransi Central Asia menyediakan produk asuransi rumah unggulan, yaiitu ASRI (Asuransi Rumah Idaman) yang melindungi aset bangunan rumah tinggal dan harta benda yang ada di dalamnya, seperti tersebut di atas.

Ayo segera miliki rumah dan hubungi Call Centre ACA di 021 31 999 100 untuk jaminan perlindungannya.

Jadi, jangan takut mencicil rumah, Karena kini kian mudah, dan sudah ada asuransi perlindungannya.

Klik saja www.aca.co.id



 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100