INFO ASURANSI
Selasa 17 Juli 2018 | 08:00 WIB
Cara Alami Atasi Gangguan Rayap di Rumah


Rayap merupakan salah satu masalah umum perawatan rumah di pemukiman Indonesia, karena cuaca yang terus-menerus hangat dan lembab. Hewan ini merusak fondasi, material, perabot, buku, dan pakaian, menimbulkan kerugian besar dan bahkan masalah kesehatan. Jika Anda sudah melihat tanda-tanda keberadaan rayap, saatnya melakukan tindakan pencegahan sebelum fondasi serta barang-barang menjadi rusak.

 

Tanda Keberadaan Rayap

Sumber : anadiomenadesigns.com

 

Metode pemusnahan rayap sebaiknya dilakukan ketika penyebaran hama ini belum terlalu parah, sehingga barang-barang Anda tidak telanjur rusak. Jika Anda mencurigai keberadaan rayap, pastikan memeriksa tempat-tempat seperti lemari buku, lemari pakaian, serta fondasi atau struktur rumah yang terbuat dari kayu, terutama jika mereka berada di area lembab.

Jika Anda melihat serpihan mirip serbuk kayu di sekitar perabot atau tiang/panel kayu, biasanya itu tanda-tanda keberadaan rayap, terutama jika serbuk kayu tersebut terus muncul walau Anda sudah menyapunya. Anda juga bisa mengetuk-ngetuk perabot atau tiang kayu tersebut sambil menempelkan telinga. Suara kayu yang terkesan keropos, bergema, serta rapuh menandakan adanya rayap.

Ketika Anda mencurigai adanya rayap, pastikan menyingkirkan semua barang yang ada di dekat kayu tersebut, terutama yang sifatnya rapuh seperti buku dan pakaian. Jika masalah rayap belum terlalu gawat, Anda bisa mencoba membasminya sendiri dengan cara-cara alami.

 

Metode Alami untuk Membasmi Rayap

Rayap biasanya takut terhadap sinar matahari yang panas, jadi Anda bisa mencoba menjemur perabot. Pastikan semua bagiannya terkena sinar matahari sampai kering dan terasa hangat. Cara ini cukup berhasil untuk masalah rayap yang ringan.

Jika penjemuran kurang berhasil, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk menyingkirkan rayap, misalnya:

  • Jebakan kardus basah

Sumber : flickr.com

 

Ini adalah metode untuk menyingkirkan rayap secara manual. Caranya, gulung kardus dan ikat dengan tali, lalu siramkan sedikit air di bagian dalam dan atasnya hingga lembab. Letakkan perangkap ini di dekat perabot atau bagian rumah yang diserang rayap. Biarkan rayap-rayap tersebut terpikat pada kelembaban kardus dan merayap ke atasnya. Bakar kardus penuh rayap di tempat yang aman.

  • Minyak esensi jeruk atau lemon

Sumber : shopify.com

 

Minyak esensi jeruk dan lemon mengandung komponen yang dapat membunuh rayap seketika. Anda bisa mengoleskan minyak ini dengan kapas ke titik-titik di mana rayap berkumpul. Lakukan selama beberapa hari sampai koloni rayap menghilang, dan jaga agar perabot tetap kering.

  • Serbuk boraks

Sumber : akamaihd.net

 

Serbuk boraks membunuh rayap dengan cara menghentikan fungsi syaraf serta membuat tubuh mereka dehidrasi. Anda bisa menaburkan serbuk boraks hingga menutupi area-area yang banyak dihuni rayap. Jika bentuk serbuk agak sulit diaplikasikan, Anda bisa membuat larutan boraks dengan mencampurkan satu sendok teh boraks ke dalam delapan cangkir air hangat.

  • Cuka putih dan jus lemon

Sumber : homemaids.ae

 

Cuka putih dan jus perasan lemon adalah cara aman tetapi cukup efektif untuk membunuh rayap. Campurka setengah sendok teh cuka dengan jus dari dua buah lemon, lalu oleskan ke area yang paling banyak dihuni rayap. Biarkan kering secara alami. Lakukan setiap hari hingga rayap menghilang.

Cara terbaik mencegah rayap adalah menghindari kelembaban pada perabot kayu serta kontak langsung antara kayu dan tanah. Pastikan juga rumah Anda mendapat pasokan sinar matahari dan udara segar yang cukup. Jangan lupa menjamin kondisi rumah Anda dengan asuransi terbaik seperti ASRI dari ACA. Perawatan rumah yang baik akan menjaga hunian Anda dari serangan rayap yang menyusahkan.

 

(pui)



 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100