BERITA
Kamis 21 April 2022 | 10:00 WIB
Tips Agar Rumah Anda Aman Ditinggal Saat Mudik Lebaran


Menjelang Hari Lebaran 2022, Pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk kembali pulang ke kampung halaman (mudik) dengan aturan dan prokes yang ketat. Tentunya mudik merupakan ritual budaya bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan hari raya bersama keluarga besar di kampung halaman.

Bagi Anda yang ingin mudik atau liburan dan meninggalkan rumah sebaiknya hati-hati dengan risiko yang menghantui. Di antaranya rumah kemalingan atau bahkan hangus tinggal puing-puing akibat kebakaran dan hal lainnya yang tidak diinginkan.

Pahami jika disaat mudik Anda juga perlu menjaga keamanan rumah sampai Anda kembali. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:

 

Lapor RT, RW dan Satpam setempat

Segera beritahu kepada Kepala RT atau RW dan Satpam daerah rumah bahwa Anda dan sekeluarga akan mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Minta tolong dengan baik dan sopan agar mereka menerima permintaan minta tolong Anda dengan senang hati.

Kunci pintu dan jendela rumah

Sebelum mudik periksa dengan teliti semua pintu dan jendela sudah terkunci rapat. Anda bisa menambahkan kunci gembok agar lebih aman saat meninggalkan rumah. Sebaiknya bawa saja kunci tersebut dan pastikan tidak hilang. Jangan menyimpan kunci di tempat-tempat yang biasa diketahui orang, seperti di bawah keset, rak sepatu, atau pot bunga. Sebab, biasanya akan menjadi incaran pencuri.

Cabut aliran gas dan listrik yang tidak perlu

Kebakaran rumah merupakan salah satu kejadian yang sering terjadi saat rumah ditinggal mudik. Sebaiknya segera cabut aliran listrik yang tidak perlu seperti colokan kabel listrik perangkat elektronik, untuk mengantisipasi terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Begitu pula dengan gas, segera lepaskan dan tutup rapat tabung agar gas tidak keluar. Lebih aman lagi jika Anda mengosongkan tabung gas tersebut.

Pasang lampu otomatis dengan sensor cahaya

Lampu otomatis dengan sensor cahaya akan otomatis menyala jika keadaan sudah gelap. Hal itu membuat rumah Anda tidak terkesan kosong. Pasang lampu otomatis di beberapa tempat seperti di beranda rumah, belakang rumah, ruang tamu atau kamar mandi.

Pasang CCTV

Jika mempunyai budget lebih, Anda dapat memasang CCTV dibeberapa sudut rumah anda seperti pagar depan atau belakang. Dengan adanya CCTV, dapat dengan mudah mengawasi rumah dari jauh dengan cara menghubungkan CCTV dengan smartphone. Sudah terbukti, rekaman kamera CCTV banyak membantu menemukan pelaku kejahatan dan kemungkinan niat jahat pencuri surut ketika mereka melihat ada CCTV yang menyorot.

Berhati-hati posting di media sosial

Sebaiknya hindari memposting foto-foto saat Anda Mudik. Mungkin saja di luar sana ada orang yang mengincar rumah Anda selama ini dan akan memberi kesempatan kepada mereka untuk berbuat kejahatan. Anda baru bisa melakukannya ketika sudah selesai dalam perjalanan mudik kamu.

 

Tips diatas merupakan beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan, tetapi cukup tepat dalam meminimalisasi risiko terjadinya kebakaran dan pencurian/pembongkaran rumah anda. Anda dapat menambahkan perlindungan lebih kepada rumah Anda dengan memiliki produk Asuransi dari ACA yaitu ASRI (Asuransi Rumah Idaman).

ASRI adalah produk asuransi kebakaran plus dari PT. Asuransi Central Asia (ACA) yang melindungi aset bangunan rumah tinggal dan harta benda yang ada di dalamnya dari risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan & huru-hara, kebongkaran (pencurian dengan kekerasan), terorisme & sabotase, bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, kerusakan akibat air, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, dan tanggung jawab hukum terhadap tuntutan pihak ketiga, dll.

William J. Bennett berkata ”Rumah adalah tempat berlindung dari badai - segala macam badai." Oleh karena itu lindungi rumah Anda dengan mengalihkan segala risiko diatas dengan mengasuransikan rumah Anda di ACA.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi pada website ACA atau dapat menghubungi Call Center ACA di 021-31999100. (FS)





 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100