Asuransi Gak Mesti Mahal
Rabu 15 Maret 2017 | 08:45 WIB


Penjualan produk asuransi sekarang sudah mulai menyasar masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Setelah dengan munculnya BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sebagai program pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Sekarang ada lagi produk asuransi mikro Asuransi yang layanannya lebih luas lagi layaknya asuransi konvensional yang ditawarkan banyak perusahaan. Asuransi Mikro Indonesia adalah produk asuransi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah, di mana asuransi ini dikemas secara sederhana fitur dan proses administrasinya, mudah didapat, dengan harga yang ekonomis serta mampu memberikan penyelesaian pemberian santunan secepat mungkin.

Orang dimaksud dengan masyarakat berpenghasilan rendah adalah masyarakat dengan penghasilan per bulan tidak lebih dari Rp2.500.000 setiap bulannya.

Karakteristik asuransi mikro adalah SMES. Yang dimaksud SMES adalah sederhana, mudah didapat, ekonomi dan segera. Asuransi mikro menyediakan perlindungan dasar atas risiko keuangan yang dihadapi masyarakat berpenghasilan rendah. Asuransi ini juga dapat diperoleh di lingkungan masyarakat umum seperti kantor pos, pegadaian, minimarket dan supermarket. Premi juga harus terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah dan proses pembayaran klaim harus segera dilakukan setelah terjadinya risiko.

Asuransi mikro dapat disediakan oleh perusahaan asuransi berbadan hukum Indonesia yang telah memperoleh izin usaha dari OJK. Beberapa perusahaan asuransi pun dapat melakukan kerjasama untuk menyediakan produk asuransi bersama.

Salah satu perusahaan asuransi yang berkomitmen dalam memasarkan produk untuk rakyat kecil ini adalah Asuransi Central Asia (ACA). Salah satu produk unggulannya adalah asuransi demam berdarah. Produk lainnya antara lain Rumahku, Warisanku, Stop Usaha Gempa Tsunami, dan Stop Usaha Erupsi.

RUMAHKU adalah asuransi mikro yang memberikan santunan jika rumah milik Peserta rusak akibat kebakaran, ledakan kompor atau tabung gas, petir, kejatuhan pesawat, dan asap dari kebakaran bangunan lain. Dengan premi 30 ribu Rupiah, peserta akan mendapat santunan sebesar 5 juta Rupiah jika terjadi kebakaran.

WARISANKU adalah asuransi mikro yang memberikan santunan duka kepada ahli waris atas meninggalnya Peserta Asuransi akibat kecelakaan atau sakit. WARISANKU tidak menjamin kecelakaan akibat bunuh diri atau melakukan tindakan kriminal atau melawan hukum, musibah yang terjadi sebelum pembelian WARISANKU atau setelah masa berlaku WARISANKU berakhir. Dengan premi 40 Rupiah yang berlaku untuk satu tahun, bila Peserta meninggal dunia karena kecelakaan maka ahli waris akan mendapat santunan duka sebesar 10 juta Rupuah ditambah santunan biaya pemakaman sebesar 5 ratus ribu Rupiah.

STOP USAHA GEMPA TSUNAMI adalah asuransi mikro yang memberikan santunan jika terjadi risiko kebakaran, ledakan kompor atau tabung gas, kejatuhan pesawat terbang, asap, kerusuhan, tertabrak kendaraan, Gempa atau Tsunami. Yang dijamin adalah tempat usaha peserta. Dengan premi 40 ribu Rupiah yang berlaku untuk satu tahun, peserta akan mendapat santunan sebesar 2,5 juta Rupiah yang dapat digunakan untuk memulai usahanya kembali.

STOP USAHA ERUPSI pada prinsipnya sama dengan Stop Usaha Gempa tsunami, hanya saja sesuai namanya, yang dijamin adalah musibah akibat letusan gunung berapi.

Pembayaran santunan produk asuransi mikro yang disebutkan diatas masksimal 10 hari kerja setelah dokumen klaim lengkap diterima oleh ACA. Nah, tunggu apa lagi? Gak mesti keluar duit banyak kan untuk membeli premi asuransi. Yuk, kita berasuransi.

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100