INFO ASURANSI
Kamis 06 Desember 2018 | 08:00 WIB
High Pressure Laminate, Pelapis Furniture Unik dari Kayu


Termasuk dalam kategori furniture unik, perabotan berbahan dasar kayu memang banyak dipilih karena menampilkan kesan mewah dengan kualitas dan daya tahan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan material lainnya. Agar kualitasnya semakin terjaga, biasanya perabotan kayu akan diberikan lapisan pelindung.

Ada banyak jenis pelapis perabotan kayu, atau yang lebih akrab disapa furnishing. Namun, metode High Pressure Laminate (HPL) adalah yang paling diminati, karena memiliki banyak motif dan tidak menghabiskan banyak biaya dalam pengaplikasiannya. Tidak hanya itu, berikut beberapa manfaat lain menggunakan furnishing HPL pada furniture kayu Anda.

 

Lebih Tahan Lama


sumber : productselector.co.nz

 

Pelapis HPL hadir dengan motif dan tekstur beragam yang kemudian direkatkan kembali pada produk kayu olahan, seperti misalnya blockboard, particle board, atau MDF. Proses pembuatannya sendiri harus melalui suhu dan tekanan yang tinggi, membuatnya memiliki bentuk lembaran yang besar. Oleh karena pengolahannya langsung dari pabrik, metode furnishing ini tentu lebih tahan lama dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

 

Pengerjaannya Lebih Rapi dan Cepat


sumber : julioandrian.wordpress.com

 

Pelapis duco atau melamin pada furniture unik dari kayu tentu akan menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya. Berbeda dengan metode HPL yang tentu lebih murah dan tidak menghabiskan banyak waktu ketika dipasang. Cukup menggunakan perekat atau lem kayu, maka lembaran ini sudah bisa merekat dan terpasang pada perabotan rumah.

Tidak hanya itu, metode HPL pun akan menampilkan kesan rapi pada perabotan kayu setelah pemasangan. Anda tidak akan menemukan perbedaan warna seperti halnya ketika menggunakan furnishing spray. Pemasangannya pun tidak banyak menimbulkan kotoran sisa, sehingga bisa langsung Anda gunakan.

 

Menampilkan Kesan Minimalis dan Modern


sumber :  explainloan.net

 

Jika rumah Anda mengusung konsep paduan antara minimalis dan modern, maka metode furnishing HPL untuk furniture unik dari kayu adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya motif kayu, HPL juga bisa dibuat dengan motif warna metalik hingga pola yang menyerupai batuan granit dan marmer. Anda hanya perlu menyesuaikan perabotan yang ada di rumah dengan motif yang sesuai.

 

Perlu Ketelitian Saat Pemasangan


sumber : teknikmart.com

 

Meski begitu, pengaplikasian metode HPL bukan hal yang mudah, meski tampaknya demikian. Diperlukan ketelitian ketika pemasangan, karena HPL akan lebih sulit diaplikasikan pada perabotan yang berupa bidang lengkung. Potongan yang kurang tepat atau tidak simetris pun membuat hasil akhir dari pemasangan menjadi tidak rapi. Teksturnya yang keras juga membuat HPL mudah patah dan kurang fleksibel, terlebih jika dipasang dengan asal-asalan. Pun dengan pengelemannya, yang jika tidak tepat akan membuat HPL mudah terlepas.

 

Kesan Mewah pada Perabotan Rumah


sumber : goguild.com

 

Pemilihan metode HPL untuk furnishing furniture unik dari kayu lebih banyak dipilih karena mampu menampilkan kesan mewah di dalam rumah. Mudah dipasang, murah, dan mampu memberikan unsur mewah pada perabotan rumah, apa lagi yang membuat Anda ragu untuk memilih High Pressure Laminate untuk perabotan berbahan kayu di rumah?

Nah, demikian tadi beberapa keunggulan yang dimiliki oleh metode furnishing HPL untuk furniture unik dari kayu di rumah. Meski Anda sudah memutuskan untuk menggunakan HPL untuk lapisan perabotan kayu di rumah, jangan lupa untuk mengikutsertakan hunian Anda dalam program Asuransi Rumah Idaman (ASRI).

Dipersembahkan dari ACA, program ini akan memberikan jaminan secara keseluruhan pada hunian dan aset properti Anda lainnya, semisal apartemen dari berbagai ancaman bencana alam yang tidak dikehendaki, dari mulai gempa bumi hingga banjir. Semoga bermanfaat.

 

(yua)



 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100