BERITA
Rabu 25 November 2020 | 14:00 WIB
Manfaat Asuransi Properti (ASRI)


Di masa pandemi saat ini, asuransi properti seperti ASRI (Asuransi Rumah Idaman) menjadi salah satu produk yang bisa anda pertimbangkan untuk melindungi rumah anda. Mengapa? Kalaupun harus, apa saja yang perlu anda ketahui tentang asuransi properti (ASRI)?

Salah satu tujuan orang berasuransi adalah untuk menghindari kerugian keuangan (financial loss) bila terjadi suatu risiko terhadap harta ataupun jiwanya. Dengan membayar sejumlah uang (premi) tertentu ke perusahaan asuransi, sebagai pengganti terhadap jaminan yang diberikan pihak asuransi. Artinya, dengan premi itu, asuransi bertaunggung jawab untuk menanggung risiko (jiwa, kesehatan, kendaraan, properti, harta benda, tranportasi, tuntutan pihak ketiga dan lain lain) anda. Dengan alasan ini jugalah sebuah asuransi rumah (properti) seperti ASRI ini wajib kita miliki.

Saat Anda memiliki rumah idaman, yang luas dan nikmat ditinggali. Selama terus membayar pajak properti, Anda berhak untuk tinggal rumah itu, menyewakannya, membiarkannya kosong, atau menjualnya seperti yang dijamin oleh hukum. Begitu bebasnya anda bisa lakukan apa saja.. Lalu datanglah seorang agen asuransi kepada anda dan menawarkan asuransi ASRI untuk rumah anda. Sambil duduk manis, Anda bertanya tanya dalam hati "Mengapa saya harus ikut asuransi? Ah, tidak perlulah".

 


ASRI, menjadi pelindung terhadap kerugian risiko kebakaran

 

Ketika musim penghujan, saat datang hujan badai, pohon berukuran besar di halaman belakang rumah Anda jatuh, menimpa rumah dan menyebabkan kerusakan parah. Anda harus menanggung seluruh biaya perbaikan rumah. Padahal, Jika Anda memiliki ASRI, asuransi ini akan menanggung biaya sebagian atau seluruhnya untuk biaya perbaikan rumah Anda. Bahkan benda berharga pun bisa anda asuransikan.

 


ASRI juga melindungi kerugian akibat banjir

 


Bencana alam, risiko alam yang perlu kita antisipasi risiko kerugianya,termasuk terhadap rumah kita.

 

Untuk lebih jelasnya tentang ASRI, Anda bisa mengunjungi link www.aca.co.id/Asuransi-Properti. Dijelaskan bahwa ASRI adalah produk asuransi kebakaran plus dari PT. Asuransi Central Asia (ACA) yang melindungi aset bangunan rumah tinggal dan harta benda yang ada di dalamnya dari risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan & huru-hara, kebongkaran (pencurian dengan kekerasan), terorisme dan sabotase, bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, kerusakan akibat air, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, dan tanggung jawab hukum terhadap tuntutan pihak ketiga. Risiko diatas bisa saja mengancam rumah Anda. Maka baiknya anda mencari tahu lebih lagi tentang ASRI ini dengan menghubungi call centre di 021 31999100.

 

Ada beberapa hal yang lebih baik anda persiapkan sebelum membeli asuransi proerti. Beberapa langkah dibawah ini mungkin bisa membantu.

  • Buatlah sebuah home inventory (daftar inventaris rumah).
  • Daftar ini berisi apa saja benda yang ada di rumah, kalau bisa lengkap dengan kapan anda membelinya, dimana membelinya dan apa tujuan membelinya. List ini nantinya bisa anda diskusikan dengan agen, apakah bisa dimasukkan dalam daftar yang ditanggung.
  • Buatlah dokumentasi berupa rekaman kepemilikian benda milik anda di rumah, misalnya video walk-through rumah Anda atau serangkaian foto, untuk dapat membantu menetapkan bukti kepemilikan. Buat daftar harta benda di tempat tinggal Anda. Simpan dokumentasi pembelian, termasuk kuitansi, laporan kartu kredit, dan lain lain bila ada. Dokumen-dokumen ini dapat dipindai untuk penyimpanan digital atau disimpan di lokasi yang aman, seperti safe deposit box. Jika ada perubahan inventaris ini, pastikan untuk terus memperbarui dokumentasi anda.
  • Kenali dengan baik agen / marketing asuransi. Tanyakan pertanyaan yang sudah anda buat dan cari tahulah bagaimana pengetahuannya tentang asuransi, baik secara umum dan secara khusus di asuransi yang dia tawarkan. Bila banyak hal yang janggal, anda perlu cross check dengan call center. Agen yang baik akan bisa diajak diskusi,.
  • Bila banyak item/benda dalam rumah yang akan anda asuransikan, tanyalah apakah ada kebijakan potongan harga premi, juga tanyakan apakah bisa menggabungkan asuransi rumah dengan asuransi mobil demi mendapatkan potongan harga. Tanyakan apakah jaminan-nya juga termasuk penambahan bagian rumah ?
  • Tanyakan juga pertanyaan-pertanyaan ini:
    Berapa besar harga rumah anda menurut taksiran asuransi? Berapa biaya penggantian ? Biaya penggantian peralatan utama dan barang-barang mahal lainnya di rumah Anda dapat mencapai jumlah yang cukup besar.

Apalagi pada saat-saat sekarang, disarankan untuk terus tinggal di dalam rumah kalau memang tidak ada hal penting yang mengharuskan kita harus keluar rumah. Rumah menjadi suatu tempat yang memberikan rasa aman dan nyaman, salah satunya jika rumah sudah discover oleh ASRI.

(Gt)





Berita Terbaru Lainnya

Jum'at 22 January 2021 | 14:30 WIB

Berkendara Aman, Periksa Segera Usia Ban Anda!

Rabu 06 January 2021 | 14:15 WIB

Jangan Salah Pilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Selasa 05 January 2021 | 15:00 WIB

Pentingnya Terus Berasuransi di Tahun 2021

Senin 04 January 2021 | 10:00 WIB

Waspadai (Juga) Pengemudi Lain Saat Berkendara

Selasa 22 Desember 2020 | 10:00 WIB

Wajib, Menjaga Kebersihan Rumah Selama Pandemi

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100