BERITA
Kamis 05 January 2023 | 14:00 WIB
Waspada Saat Cuaca Ekstrem


Cuaca Ekstrem sedang melanda di sejumlah wilayah di tanah air, hujan lebat yang disertai angin kencang bahkan puting beliung terjadi beberapa daerah. Dampak cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, hingga puting beliung. Untuk menghadapi cuaca ekstrem perlu dilakukan sejumlah tindakan agar tidak berdampak lebih buruk.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, penyebab terjadinya cuaca ekstrem karena sebagian wilayah Indonesia sedang berada di fase peralihan antara musim kemarau ke musim hujan. Fase tersebut ditandai dengan fenomena hujan lebat serta angin kencang.

Sedangkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mewanti-wanti masyarakat untuk tidak memaksa untuk bepergian apabila cuaca ekstrem seperti hujan deras, banjir, dan badai.

 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat cuaca ektrem:

Waspada potensi bencana hidrometeorologi

Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang disebabkan karena faktor cuaca. Hal yang biasa terjadi adalah banjir, khususnya bagi masyarakat yang tinggal dan berada di daerah rawan bencana hidrometeorologi.

 

Menghindari aktivitas di tempat yang rawan

Tempat yang rawan misalnya seperti di bawah pohon, baliho, dan sebagainya yang rentan roboh akibat tiupan angin kencang. Jadi hindari untuk beraktivitas, baik berteduh ataupun memarkirkan kendaraan di bawah tempat yang rawan tersebut.

 

Tidak berteduh di bawah pohon

Hindari berteduh di bawah pohon bila terjadi hujan disertai angin kencang. Pohon tidak disarankan untuk jadi tempat berteduh apalagi pohon yang besar atau rindang, karena pohon tersebut rentan tumbang.

 

Menjaga kebersihan

Jagalah kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Pastikan jangan ada air menggenang, sampah menumpuk, serta air selokan harus mengalir dan bebas dari sampah. Hal tersebut perlu dilakukan supaya terhindar dari bencana hidrometeorologi.

Menjaga kebugaran tubuh

Menjaga kebugaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari mulai rutin berolah raga sampai mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan menjaga kesehatan dan kebugaran, tubuh kita akan lebih kuat dalam menghadapi cuaca ekstrem.

 

Minum air putih

Perbanyak konsumsi air putih ketika cuaca panas. Air putih sangat penting karena dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi. Minum air putih.

 

Persiapkan obat-obat dasar

Siapkan obat-obatan dasar di rumah, seperti obat untuk flu, demam, sakit kepala, radang, batuk, dan obat pribadi lainnya. Jadi, Anda dapat melakukan pengobatan mandiri ketika terserang penyakit akibat cuaca ekstrem.

 

ACA Asuransi memilki beberapa produk unggulan yang melindungi dar beberapa bahaya terhadap cuaca ektrem yaitu Otomate untuk asuransi kendaraan yang sudah lengkap untuk memberikan perlindungan Act Of God, ASRI untuk rumah kesayangan anda, ataupun asuransi lain nya yang bisa diperluas dengan jaminan terhadap potensi bahaya bencana alam,  silahkan kunjungi website ACA dengan mengklik www.aca.co.id atau bisa juga hubungi call center ACA di 021 31999100 untuk mengetahui informasi lebih lengkap.

ACA Asuransi, Perlindungan kami adalah kenyamanan anda.

*artikel ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber

 

 

 





Berita Terbaru Lainnya

Kamis 19 January 2023 | 15:45 WIB

Jenis Vitamin yang Larut Dalam Lemak

Kamis 12 January 2023 | 09:00 WIB

Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Solo Traveling

Senin 09 January 2023 | 09:00 WIB

Jangan Parkir Mobil Anda Sembarangan

Kamis 05 January 2023 | 14:00 WIB

Waspada Saat Cuaca Ekstrem

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100