BERITA
Selasa 22 Desember 2020 | 10:00 WIB
Wajib, Menjaga Kebersihan Rumah Selama Pandemi


Ketika protokol kesehatan (menggunakan masker, memakai sanitizer, menjaga jarak) dan anjuran lain seperti ‘berdiam di rumah, menghindari kerumunan, perkuat daya tahan tubuh (dengan mengasumsi makanan bergizi dan gaya hidup sehat) dan lain lain’ telah kita lakukan dengan baik. Masih adakah saran lain yang juga bermanfaat bagi kita dalam melindungi kita sekaligus mencegah penyebaran virus Covid 19? Ada satu yang ingin kami bahas. Buatlah ruangan di dalam rumah atau kantor anda sehat. Bagaimana caranya?

Berita terbaru penyebaran virus sampai 9 Desember 2020 lalu, DKI Jakarta dan Jawa Tengah masih tercatat terbanyak kasus penyebaran Covid 19. Di DKI pada tanggal ini, kasusnya bertambah dan secara keseluruhan berjumlah 147.838 kasus. Itu baru di Jakarta dan pada tanggal itu. Bagaimana dengan propinsi lain? Jumlah ini diprediksi masih akan terus bertambah seiring masih belum sadarnya sebagian masyarakat untuk dengan ketat menerapkan protokol kesehatan. Bagi kita yang konsisten menjalankan protokol kesehatan, tentu sangat berharap tidak akan tertular Covid 19. Kita tidak ingin menjadi pesakitan. Tidak ingin juga jauh dari keluarga, bahkan terkena risiko meninggal dunia. Maka, jangan tanggung-tanggung dalam menjalankan protokol kesehatan. Jangan mengikuti mereka yang setengah-setengah dalam menjalankan protokol kesehatan.

Ketika Anda sudah melakukan hal diatas, melakukan protokol kesehatan untuk anda dan keluarga. Ada satu hal lain yang perlu anda perhatikan, yakni ruangan dimana anda berada. Terapkanlah protokol kesehatan yang benar dengan mencegah dan melakukan antisipasi menghilangkan sumber penyakit, baik bakteri, virus, dan jamur yang merugikan. Bagaimana upaya kita menjaga ruangan tetap bersih dan sehat?

  • Pada saat kita keluar dari rumah, ada banyak kesempatan bagi partikel halus dari debu, bakteri, dan kuman untuk menempel pada serat pakaian kita. Untuk menjaga higienitas dan meningkatkan rasa nyaman dalam lingkungan rumah Anda, biasakan untuk mencuci tangan dan mengganti pakaian Anda segera setelah sampai di rumah, sebelum duduk di sofa atau tempat tidur untuk bersantai.

 

  • Seringlah menyedot debu di karpet, mebel dan lain lain. Selain debu, ada kemungkinan bulu hewan peliharaan, dan alergen lainnya yang bisa saja menumpuk dengan cepat di lantai rumah. Serat karpet dapat menjebak debu, kotoran, alergen, dan juga menyerap kotoran dan tumpahan, yang memberi jalan bagi bakteri bertumbuh. Untuk memudahkan, gunakan penyedot debu nirkabel sehingga anda lebih bebas bergerak. Untuk mudah mencapai sudut ruangan yang sulit dijangkau, gunakan bentuk penyedot yang fleksibel dalam menjangkau area yang sulit sekalipun. Perhatikan juga bagaimana sistem teknologi alat sedot debu anda. Kini teknologi alat sedot kian canggih. Selain sudah nirkabel, juga ada teknologi, misalnya HEPA filtration system yang dirancang untuk menangkap hingga 99,999% partikel debu mikro, termasuk partikel berukuran 0,3~10μm dan alergen untuk melindungi kesehatan penggunanya.

 

  • Jangan lupa soal kualitas udara dalam ruangan. Banyak penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, memakai udara sebagai media pengantar, tak terkecuali virus Covid 19 ini. Lakukan pemurnian udara, misalnya dengan memakai pemurni ruangan (air purifier). Air Purifier yang bagus, dapat menangkap hingga 99,97% debu ultra halus dan bahkan bakteri untuk membantu memerangi alergen musiman dan membuat udara lama menjadi baru kembali. Air Purifier yang ideal memiliki sistem pemurnian berlapis yang dirancang untuk menangkap partikel di udara, gas berbahaya, dan menghambat penyebaran bakteri yang tertangkap.

 

  • Lakukan kegiatan yang bermanfaat, termasuk mengusahakan udara dalam ruang bertambah bersih dalam berbagai cara, misalnya berkebun. Mengapa? Karena berkebun dapat dilakukan dalam ruangan. Selain bisa membantu mengelola stres, juga meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Namun, jika berkebun bukan keahlian Anda, dapat pula membersihkan udara dengan cepat dan mudah menggunakan air purifier.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan agar ruangan Anda sehat dan bersih. Bagaimana dengan di kantor? Untuk kantor, lakukan disinfeksi ruangan. Misalnya, dengan metode disinfeksi di lingkungan kantor dengan teknik penyinaran ultra violet (UV) tipe C atau UV-C ini efektif karena tidak hanya untuk menyerang virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, bisa juga menghancurkan DNA bakteri dan jamur penyebab berbagai penyakit, bahkan untuk virus yang bermutasi. Pada panjang gelombang tertentu, sinar UV-C dapat menonaktifkan mikroorganisme dengan cara menghancurkan asam nukleat dan mengganggu DNA mereka, sehingga mikroorganisme tidak bisa melakukan fungsi vitalnya. Disinfeksi dengan sinar UV-C tidak hanya diterapkan pada permukaan benda, bisa juga mensterilkan udara dan air dari berbagai macam virus, termasuk virus SARS-CoV-2, serta bakteri dan jamur merugikan.

Rumahku istanaku. Bila rumah sehat, kenyamanan pun meningkat, kemungkinan terkena penyakit semakin berkurang. Untuk membuat anda semakin nyaman di rumah karena sudah merasa terlindungi, ikutlah program asuransi yang terkait rumah anda. Caranya? Coba anda akses www.aca..co.i.d. Perlindungan rumah, ada asuransi ASRI (Asuransi Rumah Idaman). Untuk kecelakaan diri, ada produk Asuransiku. Dan untuk di kantor, ada Medi+ yang bisa melindungi anda dan teman teman kantor (grup minimal 25 orang) terlindungi risiko kesehatannya. Anda bisa hubungi call center ACA di 021 31999100.

Dengan asuransi, perasaan aman dan nyaman dalam hati akan semakin tinggi. Inilah Langkah selanjutnya setelah anda menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

(Gt)



 





Berita Terbaru Lainnya

Jum'at 22 January 2021 | 14:30 WIB

Berkendara Aman, Periksa Segera Usia Ban Anda!

Rabu 06 January 2021 | 14:15 WIB

Jangan Salah Pilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Selasa 05 January 2021 | 15:00 WIB

Pentingnya Terus Berasuransi di Tahun 2021

Senin 04 January 2021 | 10:00 WIB

Waspadai (Juga) Pengemudi Lain Saat Berkendara

Selasa 22 Desember 2020 | 10:00 WIB

Wajib, Menjaga Kebersihan Rumah Selama Pandemi

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100