BERITA
Jum'at 08 April 2022 | 12:00 WIB
Tetap Bugar Saat Berolahraga Ketika Berpuasa


Saat berpuasa bagi sebagian orang menganggap berolahraga menjadi kegiatan yang wajib dihindari dengan alasan menguras energi dan melelahkan karena tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam.

 

Padahal berolahraga disaat berpuasa  justru menghasilkan efek yang lebih maksimal. Olahraga bisa membakar lemak lebih banyak saat dilakukan saat puasa. Namun dibutuhkan juga penyesuaian saat berolahraga ketika sedang berpuasa. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan ketika berolahraga saat berpuasa:

 

Waktu Berolahraga

Waktu yang direkomendasikan untuk berolahraga sebaiknya 30-120 menit sebelum berbuka puasa, sehingga tubuh bisa mendapatkan asupan energi kembali. Hindari berolahraga pada siang hari agar tubuh tidak kekurangan cairan secara berlebihan (dehidrasi).

 

Jenis Olahraga

Disaat berpuasa pilih olahraga dengan intensitas rendah, seperti jalan kaki, berlari kecil, bersepeda, dan peregangan atau yoga. Jangan berolahraga dengan intensitas tinggi, karena akan menyebabkan simpanan glikogen termakan dan memaksa tubuh menggunakan protein untuk kebutuhan energi.

 

Asupan Nutrisi

Saat sahur dan berbuka konsumsi makanan yang makanan yang sehat dan  bergizi seimbang, bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, nasi merah, dan sayuran. Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memberikan cadangan energy yang tinggi selama berpuasa. Hindari makanan berkadar garam tinggi, karena akan membuat Anda cepat haus.

 

Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga ketika berpuasa. Untuk mencegahnya perbanyak minum (minimal 8 gelas perhari) saat sahur dan berbuka. Hindari minum kopi, teh, dan soda, karena mengandung kafein yang bersifat diuretik. Efek diuretik artinya membuat lebih sering buang air kecil, dan ini dapat menyebabkan dehidrasi.

 

Perhatikan Waktu Tidur

Tubuh memerlukan waktu beristirahat/tidur sekitar 7-9 jam perhari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Kurangi begadang jika ingin tubuh bugar saat berolahraga.

 

Olahraga bukanlah pantangan dalam puasa. Justru dengan tetap berolahraga, Anda akan merasa lebih bugar selama berpuasa. Selain itu berikan perlindungan lebih pada diri sendiri saat berolahraga dengan perlindungan dari Asuransi Kecelakaan Diri dari ACA. Produk ini memberikan perlindungan bagi Anda dan keluarga bila terjadi kecelakaan yang tak terduga selama 24 jam setiap hari, 365 hari setahun, di seluruh dunia. Perlindungan dalam bentuk santunan kerugian bila terjadi musibah kecelakaan diri. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Hotline ACA di 021 31999100. (FS)





 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100