BERITA
Rabu 10 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Rekomendasi Kota di Indonesia Untuk Kamu Pecinta Wisata Kuliner


Tidak dapat dipungkiri, wisata kuliner menjadi salah satu tujuan ketika kita berlibur di kota destinasi yang dituju. Pastinya, setiap kota di Indonesia punya makanan khas tersendiri yang bisa kita nikmati. Yuk simak rekomendasi beberapa kota kuliner di Indonesia:

 

Bandung

Kota Bandung menjadi salah satu kota destinasi wisata yang punya banyak jajanan khas yang enak dan lezat. Seperti siomay, batagor, karedok, mie kocok, surabi bandung, dan yang sangat terkenal dan rugi kalau sampai kelewatan yaitu peuyeum, makanan bisa langsung dimakan atau seringnya biasa dijadikan oleh-oleh. Aneka kuliner di Bandung sangat mudah ditemui di mana saja. Baik dari penjaja makanan di pinggir jalan hingga di restoran-restoran di dalam mal. Apalagi, orang Bandung sangat kreatif dalam mengolah makanan. Mau liburan sambil berwisata kuliner? Yuk, ke Bandung.

 

Yogyakarta

Sudah tidak asing bagi pecinta wisata kuliner, kalau Yogyakarta pasti menjadi surga bagi penggemar Gudeg. Kamu nggak akan bisa menemukan cita rasa Gudeg yang asli di kota lain. Selain itu wajib datang ke Malioboro saat malam hari, kamu akan menemukan puluhan tenda yang menjajakan kuliner khas. Mulai dari angkringan dengan nasi kucing dan berbagai sate-sate, sampai minuman ringan; wedang ronde dan susu jahe.

 

Makasar

Kuliner yang terkenal di Makasar adalah  Sop konro, sop konro dibuat dari daging sapi/iga sapi yang dicampur kuah sup serta ditambahkan ketupat rasanya gurih sekali dan bikin nikmat. Selain sop konro, juga ada coto Makasar dan sop sodara yang sudah terkenal menjadi kuliner Makasar. Selain itu ada Pisang epe yang menjadi salah satu kuliner khas di pantai Losari. Pisang epe terbuat dari pisang kepok yang dibakar, lalu disiram gula merah di atasnya.

 

Medan

Medan adalah kota yang tepat bagi Anda untuk menyantap durian. Di kota ini, durian tak hanya bisa dinikmati sambil duduk santai di pinggir jalan. Durian juga dibuat beragam olahan yang nikmat, salah satunya pancake duren. Selain durian, ada cukup banyak kuliner serba nikmat yang fenomenal hingga ke mancanegara, diantaranya adalah bika ambon yang merupakan oleh-oleh khas Medan, bakmi Medan, Soto Kesawen dan sirup markisa yang segar rasanya.

 

Palembang

Pempek adalah kuliner khas yang paling wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Palembang. Setelah menyusuri Sungai Musi, jangan lupa sempatkan menikmati gurihnya ikan tengiri di setiap gigitan Pempek khas Palembang. Mulai dari jenis Pempek Kapal Selam, Pempek Kriyuk, Pempek Lenjer, semua wajib kamu coba. Setelah menikmati pempek, kamu bisa melepas dahaga dengan coba hidangan manis es kacang merah palembang. Minuman ini terbuat dari kacang merah, santan, gula merah, serta dilengkapi dengan es yang menyegarkan.

 

Manado

Kalau ke Manado, kamu harus coba tinutuan atau bubur Manado. Bubur ini dicampur dengan berbagai sayur, seperti kangkung, bayam, labu kuning, ubi, daun kemangi, dan jagung muda. Biar makin kenyang, kamu bisa coba makan bubur ini dengan ikan roa atau perkedel. Ada juga mie cakalang, yaitu mie telur yang disajikan dengan irisan ikan cakalang, sawi hijau, bawang goreng, serta sambal. Manado memang terkenal dengan hidangan lautnya, jadi nggak heran kalau ikan menjadi primadona di masakan khas Manado.

 

Padang

Padang menjadi salah satu kota favorit wisata kuliner di Indonesia. Kamu bisa menyantap rendang, dendeng balado, gulai ayam, gulai kepala ikan mas, dendeng batoko yang pakai minyak kelapa dan cabai hijau mentah, dan rendang paru. Tidak perlu pusing menemukan aneka makanan tersebut. Langkahkan kaki anda menyisiri pusat kota, ada banyak warung makan yang menjajakannya. Untuk oleh-oleh, jangan lupa membeli kripik sanjai, daka-daka, rendang kering atau kripik balado yang bisa anda bawa pulang sebagai camilan di rumah.

 

Malang

Ketika mendengar kata 'Malang', maka yang tercetus dalam pikiran Anda mungkin adalah 'bakso'. Benar sekali, kota ini memang terkenal dengan citarasa baksonya yang sangat nikmat. Tidak hanya dinikmati dengan kuah seperti biasa, tapi juga dibakar. Bakso bakar ini sekarang sudah banyak penggemarnya. Selain bakso, Malang juga terkenal dengan buah apel yang punya citarasa khas. Jauhkan pikiran Anda dari rasa asam yang biasa hinggap di mulut ketika mengicip apel jenis ini. Karena apel malang yang asli, punya citarasa manis dan segar. Bila berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan masakan tahu tek dan cwie mie malang. Malam harinya, semangkuk wedang ronde akan menjadi penutup yang hangat bagi hari Anda.

 

Surabaya

Kuliner khas Surabaya yang paling tersohor di Surabaya yakni rujak cingur. Rujak ini adalah campuran petis dan cingur. Untuk kamu yang belum tahu, cingur sebutan lain untuk hidung sapi. Rujak cingur terdiri dari beberapa bahan, seperti lontong, tahu, tempe, cingur, taoge, kangkung dan kacang panjang. Selain itu, rujak cingur juga ada yang berisi buah-buahan, seperti mangga muda, bengkoang dan nanas. Karena ada cingur, maka rujak ini baunya khas dan rasa hidung sapinya. Tak hanya rujak cingur, aneka kuliner khas Surabaya yang mampu bikin anda ketagihan adalah rawon, tahu tek, nasi pecel, semanggi, lontong balap, dan sate klopo. Sambal Bu Rudy yang punya banyak varian rasa dan terkenal enak bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

 

Nah, itulah beberapa Kota di Indonesia dengan wisata kuliner khas yang bisa kamu kunjungi saat traveling. Selain kenyamanan saat menikmati liburan, kemanan juga sangat penting saat Kamu travelling. Siapkan sebuah perlindungan terhadap risiko yang bisa saja terjadi saat kamu sedang travelling. Ada asuransi Travelsafe dari ACA yang banyak manfaatnya bisa Kamu gunakan kalaupun terjadi risiko selama liburan. Risiko apa saja yang dijamin? Mari cari tahu dengan mengklik www.aca.co.id, atau akses langsung ke website TravelSafe. (FS)





 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100