BERITA
Selasa 05 January 2021 | 15:00 WIB
Pentingnya Terus Berasuransi di Tahun 2021


Apa rencana anda dengan polis asuransi milik anda pada tahun 2021 ini? Akankah anda memperpanjang polis asuransi, bahkan mencari produk asuransi tambahan? Atau malah sebaliknya, terpikir untuk menutup polis anda? Mengapa demikian?

Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda mengakibatkan keadaan keuangan keluarga mengalami kesulitan. Hal ini mungkin sebagai salah satu faktor untuk menutup polis asuransi , bahkan bisnis perusahaan anda ikut terpengaruh sehingga kondisi keuangan perusahaan mengalami penurunan. Sehingga anda lebih memprioritaskan pada kebutuhan sehari-hari dibanding asuransi.

Dari gambaran diatas, akankah membuat pandangan kita menjadi pesimis bahwa industri asuransi akan lesu di tahun 2021 ini? Tentu saja tidak. Pada masa pandemi ini Asurani menjadi suatu kebutuhan hidup, anda bisa lebih tenang dan terjamin keuangannya karena bila terjadi risiko, tidak akan mengganggu kondisi ekonomi keluarga.

Industri asuransi sendiri banyak yang meyakini punya potensi yang besar untuk semakin bertumbuh, sebab pasarnya masih sangat luas untuk digarap. Bahkan di 2021 ini, ada yang mengatakan bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk tumbuh. Salah satu syaratnya, edukasi dan sosialisasi terkait asuransi harus terus dilakukan. Bahkan keduanya penting terus dilakukan kepada masyarakat yang sedang berasuransi.

Edukasi dan sosialisasi ini terus perlu dilakukan karena memang asuransi itu perlu, bahkan harus dimiliki oleh sebanyak mungkin orang. Mengapa? karena risiko dalam hidup seorang yang juga terus meningkat. Tidak terbayangkan ketika anda mengalami musibah atau kehilangan harta benda tetapi tidak terlindungi oleh asuransi.

Hampir semua pakar dan pengamat punya satu pendapat yang sama menyikapi bagaimana gambaran dunia asuransi di 2021. Misalnya, Tri Djoko Santoso (pengamat asuransi), yakin bahwa dunia asuransi Indonesia terus bertumbuh, meskipun saat ini ikut terdampak pandemi Covid-19. Apalagi tingkat penetrasi asuransi di Indonesia baru mencapai sekitar 3 persen. “Kami melihat masih ada peluang untuk tumbuh di tahun depan, terutama karena pasar belajar bahwa di tengah-tengah ketidakpastian ini, perlu asuransi untuk melindungi keuangan seorang kepala rumah tangga dan juga melindungi aset-asetnya,” kata Tri Djoko dalam acara Best Insurance 2020 yang digelar Majalah Investor, Selasa (22/9/2020).

Sementara itu, Poltak Hotradero (Peneliti Senior sekaligus Ekonom PT Bursa Efek Indonesia (BEI)), berpendapat bahwa industri asuransi Indonesia berpotensi akan tumbuh dan akan menjadi jaring pengaman dalam hal kesehatan dan aktivitas sosial di tahun 2021. Pendapat lain, seperti dari Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon yang mengatakan Industri asuransi Indonesia terus tumbuh, dan dunia industri ini tetap berkomitmen. Komitmen ini menurutnya terbukti dengan meningkatnya total klaim dan manfaat yang dibayarkan, total jumlah tertanggung, total uang pertanggungan dan jumlah tenaga pemasar.

Itulah pendapat ahli dan pemerhati yang perlu kita lihat juga, untuk kita tetap ikut dalam program asuransi. Apapun pendapat anda tentang asuransi, nyatanya asuransi itu penting dalam hidup kita. Bahkan ada yang mengatakan asuransi itu investasi. Investasi asuransi memang tidak banyak bicara soal membuat uang lebih banyak, melainkan lebih kepada menjaga uang kita tersebut tidak hilang. Asuransi juga utamanya bukan bicara sakit, cacat dan wafat, tetapi menjamin perekonomian seseorang saat terkena risiko. Ketahuilah bahwa dampak ekonomi bisa saja muncul akibat seseorang yang mengalami salah satu atau ketiga hal tersebut (sakit, cacat, meninggal dunia). Dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari saat di dalam rumah, saat melakukan perjalanan, di kantor, melindungi bisnis, anda perlu perlindungan terhadap risiko.

ACA Asuransi menyediakan ‘perlindungan menyeluruh’ dari aneka risiko di atas. Untuk rumah anda, ada produk ASRI (Asuransi Rumah Idaman). Saat melakukan perjalanan ada perlindungan terhadap risiko kecelakaan untuk mobil anda (Asuransi Kendaraan bermotor). Ada lagi perlindungan lain seperti menyangkut bisnis, transportasi dan lain lain. Untuk informasi produk lainnya, bisa anda lihat dengan klik www.aca.co.id, lalu klik menu Produk. Untuk berbicara dengan staff kami, anda bisa menghubungi call center ACA di 021 31999100

Idealnya di 2021, sebaiknya dalam diri kita (tetap) tertanam insurance minded. Karena di zaman seperti sekarang, kita perlu melindungi diri dan keluarga dari risiko yang tidak pasti, seperti kecelakaan, bencana alam, dan lain lain. Caranya, hanya dengan hanya membayar sejumlah premi, anda sudah terlindungi dari banyak risiko. Akan menjadi sebuah masalah besar jika anda sakit atau kecelakaan atau terkena bencana, tetapi anda tak punya asuransi. Apalagi bila keuangan dan harta anda terbatas.

(Gt)





Berita Terbaru Lainnya

Jum'at 22 January 2021 | 14:30 WIB

Berkendara Aman, Periksa Segera Usia Ban Anda!

Rabu 06 January 2021 | 14:15 WIB

Jangan Salah Pilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Selasa 05 January 2021 | 15:00 WIB

Pentingnya Terus Berasuransi di Tahun 2021

Senin 04 January 2021 | 10:00 WIB

Waspadai (Juga) Pengemudi Lain Saat Berkendara

Selasa 22 Desember 2020 | 10:00 WIB

Wajib, Menjaga Kebersihan Rumah Selama Pandemi

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100