BERITA
Senin 20 September 2021 | 10:00 WIB
Penting! Lakukan Perawatan Rutin Agar Kendaraan Anda Prima


Melakukan perawatan kendaraan wajib dilakukan agar kendaraan anda selalu dalam kondisi prima saat dikendarai. Sangat menyebalkan bukan ketika kendaraan yang anda gunakan saat dalam perjalanan harus mati ditengah jalan? Terlebih lagi ketika anda tidak terlalu mengerti tentang dunia otomotif, yang mengakibatkan anda kebingungan dalam mengambil tindakan.

Karena itu kendaraan baik manual ataupun matic harus rutin dirawat agar nyaman dan prima saat digunakan. Bagaimana tips merawat mobil agar tetap awet dan nyaman saat berkendara ? Yuk simak beberapa tips berikut ini:

1. Mengecek Oli Secara Berkala

Perawatan mobil yang wajib dilakukan ialah pengecekan oli secara berkala. Umumnya saat kita melakukan servis mobil di bengkel resmi akan tertulis pada kertas atau buku service untuk melakukan pergantian oli berikutnya. Atau anda bisa juga mengikuti panduan di buku servis untuk mengganti oli setiap jarak tempuh sudah mencapai 5.000 km.

Namun bisa juga apabila mesin mobil terasa kasar dan warna pada oli sudah menghitam dan encer, maka itu tandanya untuk mengganti oli. Oli mesin memiliki fungsi untuk memberikan pelumas agar gesekan pada mesin bisa berkurang.

2. Periksa dan Ganti Air Radiator

Jika ingin mobil anda terasa nyaman dan awet, sebaiknya selalu periksa air radiator dan menggantinya dengan tepat. Manfaat dari air radiator ini ialah mendinginkan suhu mesin mobil dan membuat performa mobil menjadi prima. Maka itu jika radiator kekurangan air maka bisa berpengaruh pada mesin mobil. Perawatan mobil berkala seperti ini jangan diabaikan, karena ini merupakan perawatan yang juga penting agar mobil tetap awet dan nyaman saat digunakan.

3. Pengecekan Aki

Pengecekan aki kendaraan juga sangatlah penting. Dalam hal ini anda bisa periksa air aki minimal 10 hari jika menggunakan aki basah. Anda harus memastikan bahwa air aki masih pada level yang seharusnya, yaitu diantara garis batas penanda.

Anda juga bisa melakukan pengukuran tegangan aki dengan voltmeter. Biaya perawatan mobil menjadi lebih terjangkau jika Anda rajin melakukan pemeriksaan di setiap bagian mobil.

4. Pengecekan Ban dan Tekanan Ban

Walaupun ini sepele, namun tekanan ban juga termasuk penting demi keselamatan. Apalagi saat melakukan perjalanan jauh, pengecekan ban minimal sebulan sekali. Perhatikan juga kondisi bannya, jika ban sudah terlihat rusak dan botak, sebaiknya segera diganti.

5. Periksa Kopling dan rem

Saat penggunaan sudah memasuki 10.000 dan 50.000 km periksalah kendaraan. Perhatikan kampas kopling yang sudah mulai aus, hal itu akan membuat perpindahan gigi terasa berat. Kemudian rutin memeriksa kondisi rem. Melakukan penggantian minyak rem kadang luput dari perhatian pemilik kendaraan. Ketika minyak rem lama tidak diganti maka akan terjadi karat dan korosi pada mesin kendaraan. Maka dari itu lakukan penggantian minyak rem setiap 20.000 km supaya mesin rem anda tetap aman dan tidak membahayakan pada kendaraan.

6. Periksa Lampu dan Kabel

Pemeriksaan lampu dan kabel juga merupakan suatu yang sangat penting. Terlebih lagi ketika anda sering melakukan perjalanan. Periksa kabel kendaraan anda, apabila ada yang sudah longgar atau bahkan nyaris putus, sebaiknya langsung diganti. Dan perhatikan juga lampu yang sudah mulai redup atau tidak menyala. Disarankan untuk mengganti atau membeli sparepart asli pabrikan jika memiliki dana berlebih.

7. Pilih dan gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Dalam pemilihan bahan bakar sebaiknya memilih yang nilai oktannya lebih tinggi atau sesuai anjuran dari pabrik. Dalam hal pemilihan bahan bakar yang nilai oktan tinggi membuat performa mesin mobil anda menjadi lebih sempurna. Nilai oktan merupakan angka besarnya tekanan yang diberikan ketika bahan bakar sebelum dibakar secara spontan.

Ketika nilai oktan semakin tinggi maka bahan bakar juga lebih lambat terbakar. Hal ini memiliki fungsi yaitu tidak meninggalkan sisa yang membuat kinerja mesin terganggu. Dan usahakan pengisian bahan bakar pada tempat yang resmi.

8. Rutin Membersihkan Kendaraan

Perawatan kendaraan bukan hanya selalu pada mesin-mesin dan alat-alat. Kebersihan kendaraan juga merupakan hal yang tidak kalah penting. Bersihkan atau cuci kendaraan anda minimal seminggu sekali agar body kendaraan tetap kinclong dan bersih. Bila jarang dicuci maka akan semakin susah dibersihkan, apalagi jika berwarna putih nodanya mudah terlihat. Gunakan sabun cuci khusus kendaraan saat mencuci serta gunakanlah lap yang halus agar tidak merusak cat pada body. Selain itu juga gunakan sarung penutup saat parkir untuk menghindari lembab dan panas. Tidak lupa untuk membersihkan bagian dalam kendaraan agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya karat, keropos, atau kesusakan lain di beberapa bagian dalam mobil.

9. Bersihkan Kaca

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kaca kendaraan. Karena untuk menghindari kaca buram dan berjamur pada kendaraan Anda. Membersihkan kaca bisa menggunakan cairan khusus glass cleaner atau bisa memakai air dan sabun serta lap atau kain yang halus. Pastikan karet pada jendela sering dibersihkan dari kotoran dan debu agar tidak membuat kaca baret.

Demikian tips merawat dan menjaga mobil supaya tetap prima dan nyaman saat digunakan. Selain melakukan perawatan rutin, Anda juga dapat melindungi kendaraan anda dari risiko-risiko seperti, ban kempes, mogok ataupun kecelakaan dengan mengasuransikan kendaraan Anda di ACA Asuransi.

ACA memiliki salah satu produk asuransi kendaraan unggulan yaitu produk Otomate. Produk ini memberikan jaminan berupa fasilitas mobil pengganti ketika mobil anda sedang dalam klaim perbaikan akibat kecelakaan, road side assistance (perbaikan darurat) membantu nasabah dalam mengatasi keadaan darurat di jalan raya atau perbaikan di lokasi, mobil derek ketika mengalami kerusakan mobil atau kecelakaan. Untuk informasi lebih lengkap dapat anda kunjungi di www.aca.co.id dan pilih menu produk Asuransi Kendaraan Bermotor.

Adanya asuransi akan memberikan rasa aman, ketika terjadi risiko terhadap mobil anda. Asuransi menanggung sisi finansial berupa penggantian ketika risiko tadi terjadi. Hubungi Kami di 021 31999100.

ACA Asuransi, Perlindungan kami adalah kenyamanan anda. (Supandy)





Berita Terbaru Lainnya
 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100