BERITA
Selasa 22 November 2022 | 16:00 WIB
Obat Sakit Gigi yang Bisa Kamu Temukan di Sekitar Rumah


Sakit gigi menimbulkan rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi yang parah dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke . Sedangkan sakit gigi yang ringan, dapat menyebabkan kepala menjadi pusing dan kesulitan untuk tidur. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina.

Sakit gigi tidak hanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri, tapi juga bisa disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, gigi bengkak, sensitif terhadap panas atau dingin, hingga perdarahan pada gigi.

Penyebab sakit gigi biasanya meliputi rongga gigi, abses gigi, penyakit gusi, iritasi akar gigi, sindrom gigi retak, temporomandibula bersama (TMJ) gangguan, impaksi, dan erosi gigi.

Penyakit ini dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan obat sakit gigi alami yang mudah didapat di sekitar rumah. Kamu hanya perlu memanfaatkan beberapa bahan, lalu menjadikannya sebagai obat pertolongan pertama untuk mengatasi sakit gigi. Beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan antara lain:

1. Garam

Air garam yang digunakan dapat menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga bakteri sulit untuk hidup. Berkumur dengan air garam juga terbukti mempercepat penyembuhan luka mulut dan meredakan nyeri. Berkumur menggunakan air garam juga bisa membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi.

2. Cengkeh
Minyak cengkeh efektif meredakan rasa sakit, mengurangi peradangan, dan mengandung senyawa kimia eugenol yang merupakan antiseptik alami. Sebuah penelitian dari Journal of Dentistry (2006) melaporkan bahwa cengkeh mengandung 78-95% eugenol, senyawa alami yang kerap digunakan untuk perawatan nyeri pada gigi atau gusi.

Minyak cengkeh biasanya tersedia di toko obat. Walaupun tidak dapat dikatakan efektif menghilangkan sakit gigi, cara ini dipercaya mampu mengurangi nyeri. Minyak cengkeh sebaiknya tidak gunakan wanita hamil, menyusui, anak-anak, dan orang-orang yang punya riwayat medis tertentu.

3. Bawang Putih
Sudah sejak lama bawang putih dipercaya sebagai obat sakit gigi alami. Bawang putih mampu meredakan nyeri sakit gigi sekaligus membunuh bakteri di plak gigi. Bawang putih juga meringankan rasa nyeri pada gigi dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Namun, jangan gunakan bawang putih terlalu lama. Sebuah penelitian di India menunjukkan hal ini dapat mengakibatkan luka bakar pada gusi serta jaringan lunak di dalam mulut.

4. Es Batu
Jika sakit gigi disebabkan oleh benturan yang mengakibatkan cedera pada gigi, Kamu dapat menempelkan es batu yang telah dibungkus kain tipis ke sisi luar pipi. Cara ini cukup ampuh untuk meredakan nyeri.

Dinginnya es batu juga merangsang penyempitan pembuluh darah di wajah dan memperlambat aliran darah menuju lokasi cedera. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri.

Banyak orang memilih obat-obatan tradisional untuk mengobati penyakit karena dinilai lebih aman dan minim efek samping. Kenyataanya, obat tradisional juga tidak terlepas dari efek samping. Contohnya, saat Kamu menelan minyak cengkeh. Tidak hanya membuat mual dan muntah, minyak cengkeh juga meningkatkan risiko kejang, gagal ginjal, hingga kerusakan hati.

Reaksi setiap orang usai minum obat herbal mungkin berbeda-beda. Maka, selalu hati-hati ketika menggunakan bahan alami untuk mengobati penyakit. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan masukan yang lebih baik

ACA Asuransi memilki produk unggulan asuransi kesehatan kumpulan Medi plus untuk memberikan perlindungan kepada para karyawan perusahaan dan salah satu benefit yang bisa dijamin adalah kesehatan gigi, dengan manfaat yang bisa disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing perusahaan. Silahkan kunjungi website ACA dengan mengklik www.aca.co.id Atau bisa juga hubungi call center ACA di 021 31999100 untuk mengetahui informasi lebih lengkap lagi tentang Asuransi ini atau seputar produk asuransi lainnya.

ACA Asuransi, Perlindungan kami adalah kenyamanan anda





 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100