BERITA
Rabu 22 April 2020 | 08:15 WIB
Mari Berwisata, Namun Tetap Dirumah


Di masa wabah Covid-19 ini, jangan pernah merasa bosan berlama lama di dalam rumah anda sendiri. Seperti orang bilang, rumahku istanaku. Disanalah kita bisa menemukan berbagai keasyikan. Cari ide apa sajalah yang bisa menghibur, menantang, dan lain lain yang pada intinya menyenangkan. Nah, Ada salah satu ide, bagaimana kalau kita bermain drone atau berkelana. Berwisata tetapi tetap di rumah, bagaimana caranya? Mudah. Pakai saja sebuah alat yang memakai konsep teknologi Augmented Reality (AR). Salah satunya, dengan kacamata Moverio BT30C buatan Epson yang kini alatnya sudah ada di Indonesia. Mari kita lihat keasyikan saat memakainya.

 

Kacamata AR beserta controllernya (foto : Epson.co.id)

Coba lihat profilnya di foto terlampir. Komponennya terdiri dari sebuah kacamata dan pengontrol (controller) yang fungsinya mirip seperti mouse komputer. Cara memakainya sama seperti ketika kita mengenakan kacamata. Bisa digunakan untuk keasyikan anda setiap hari di rumah, yakni untuk hiburan (personal entertainment) seperti bermain game, menonton film 3D, berseluncur di dunia maya, dan yang tidak kalah menarik juga melihat kamera drone yang diterbangkan melalui Moverio BT-300. Saat drone terbang, kita bisa melihat di kacamata – apa saja yang dilihat kamera drone ini.

Kacamata ini memiliki tampilan lensa transparan atau tembus pandang dengan teknologi OLED display. Memanfaatkan prosesor Quad-Core Intel Atom X5 dan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Punya kontras ratio 100.000 : 1 dan dapat memproyeksikan konten digital sedemikian rupa sehingga anda ketika melihatnya, seperti melihatnya langsung, nyata di depan anda. Dia punya kamera 5 mega piksel yang dilengkapi sebuah indikator LED, yang berkedip kedip saat kacamata ini digunakan. Di headset dan kontrollernya, ada serangkaian sensor, termasuk sensor gerakan. Selain itu kacamata ini juga memakai teknologi GPS,mikrofon dan kamera yang semuanya bermanfaat untuk membuat sebuah kesan tonton yang hidup. Ada pula teknologi koneksi nirkabel (Bluetooth Smart Ready, Wi-Fi dan Miracast), yang bisa dimanfaatkan untuk berhubungan dengan serangkaian perangkat lain yang bisa menerima konten dan data pada kecepatan tinggi.

Teknologinya adalah Augmented Reality (AR) yang berbeda dengan Virtual Reality (VR). Bila AR ini menambahkan elemen digital dan informasi ke pandangan yang bisa membuat kita bisa berada di satu tempat atau serasa mengalami langsung sebuah peristiwa dengan menggunakan kamera di sebuah perangkat, seperti bila anda melihat melalui sebuah smartphone, display heads up pada mobil, dan kacamata pintar seperti Moverio ini. Sedangkan VR tidak saja anda bisa melihat tetapi bisa berinteraksi langsung pada gambaran sebuah lingkungan tertentu seperti di dunia nyata. Biasanya digunakan untuk bermain game atau menggunakan aplikasi. Keduanya sebenarnya punya fungsi yang sama, yakni bisa membawa anda ke dunia lain dari rumah. Hanya saja, kacamata Epson ini tidaklah seperti teknologi VR yang bisa menampilkan gambar dengan sudut 360°.

Walau ada plus minusnya dengan VR, teknologi AR di Moverio bisa menghibur kita di rumah dengan 3 cara untuk digunakan dalam dunia nyata. Teknologi ini memang didesain untuk fungsi serius (professional, pekerjaan di kantor) dan untuk bermain atau fun dimana saja, termasuk di rumah.

 

Untuk traveling atau pariwisata

Dengan kacamata pintar Epson ini, kita bisa melihat dari jarak jauh bagaimana keadaan di tempat wisata langsung dari kacamata, seperti halnya bisa kita lakukan melalui smartphone dengan mengakses situs tertentu. Tetapi dengan Moverio, anda tak perlu lelah memegang atau memangku laptop atau perlu mendongakkan kepala melihatnya dari henpon. Disini kita bisa memakai kacamata ini saat di pesawat terbang, dan dapat melihat bagaimana penumpang lain tidak melihat apa yang anda lihat. Dengan kacamata AR ini, kita memiliki privasi tersendiri saat traveling atau di ruang publik tertentu.

Kacamata Pintar Epson (foto : Epson.co.id)

Dengan menggabungkannya bersama ARtGlass, sebuah software storytelling AR dan cultural enhancement (lihat di artglassgroup.com), Moverio Epson bisa membantu dalam berwisata di dunia maya atau wisata virtual. Disini anda bisa gunakan dia untuk mengeksplorasi lokasi bersejarah tertentu seperti George Washington Mount Vernon, Highland James Monroe, Madam Tussauds dan bahkan Menara Pisa.

Kacamata ini juga bisa menyajikan keterangan untuk turis yang ingin ke satu tempat tertentu. Contohnya, anda bisa melihat obyek wisata tertentu di Italia seperti Menara Pisa , melihat bagian dalam museum dan bisa membaca informasi (subtitle dari lokasi tertentu di museum itu).

 

Untuk dunia hiburan

Epson telah bekerjasama di tahun 2018 lalu dengan National Theater, Inggris, dimana dengan kerjasama ini, pemilik kacamata bisa mengunjungi tempat tempat hiburan tertentu, juga tempat wisata seni dan kebudayaan di Inggris. Awalnya adalah Moverio yang menciptakan sepasang kacamata pintar berteknologi AR dan bisa digunakan untuk menampilkan sebuah transkrip bahasa yang ditampilkan sesuai dengan gambar yang ditampilkan, dalam bentuk suara dan dialog dari sebuah area tertentu secara langsung ke lensanya.

Kini, dengan menghubungkan melalui USB dan HDMI, kacamata AR buatan Epson ini menampilkan sebuah plug and play yang memungkinkan penggunanya secara langsung mengakses serangkaian konten AR yang memungkinkan berkelana didunia maya ke aneka tempat wisata indah di dunia. Sebut saja seperti di Eropa, Amerika dan Asia. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk memainkan game mobile yang memanfaatkan teknologi AR, dimana anda bisa terhubung dengan lawan bermain anda yang lokasinya jauh.

Disini kita bisa melihat sesuatu objek menarik yang biasa kita bisa dapatkan dari layar smartphone, laptop atau sumber gambar lain – ke sebuah lensa kacamata yang kita pakai. Tentu saja dibandingkan dengan smartphone, disini kita tak perlu kartu simcard. Hanya perlu koneksi WiFi. Manakala dihubungkan dia dengan sumber video seperti YouTube, kita bisa melihat ratusan bahkan ribuan video yang kita suka.

Jangan lupa, Smart glasses ini bekerja dengan teknologi augmented reality. Bisa digunakan untuk memonitor tangkapan kamera dari drone. Jadi tak perlu lagi menggunakan screen. Epson menyediakan aplikasi Moverio Store yang bisa diunduh pengguna. Moverio Epson ini bisa digunakan untuk mengontrol drone buatan DGI yang sudah bekerja sama dengan Epson.

 

Untuk dunia bisnis

Selain digunakan di rumah, anda bisa memakai kacamata AR ini untuk tugas di kantor, memudahkan pekerjaan, khususnya dengan melihat kemampuannya untuk mengoperasikan tiga aplikasi kerja terpisah atau platform berbeda pada tiga layar untuk membuat pekerjaan multitasking yang lebih mudah. Bayangkan, anda memiliki sebuah browser web pada satu layar, lalu agenda kerja di layar kedua, sementara layar ketiga menampilkan sebuah lembar kerja (spreadsheet). Disini Moverio BT-30C bisa kompatibel dengan aplikasi custom B2B, seperti untuk fitur captioning, subtitling dan translasi Bahasa. Karena menyasar segmen B to C, Moverio BT 350 bisa dimanfaatkan untuk memberikan penjelasan secara digital kepada pengunjung galeri seni atau pengunjung museum. Bisa juga digunakan untuk alat bantu menjelaskan tentang destinasi wisata menarik bagi para pelaku industri pariwisata.

Memang di masa pandemic atau wabah virus Corona 19 ini, kita semua disarankan untuk tinggal di rumah saja, perlu mengupayakan sendiri ide bagaimana agar tidak bosan di rumah. Sebab memang dirumah itu merupakan salah satu jalan terbaik demi menjaga kesehatan kita untuk saat ini. Dan jangan lupa, walau tinggal di rumah, anda tetap memerlukan ‘teman’ setia yang bisa memproteksi kesehatan anda, kalau kalau terjadi sesuatu yang mengancam kesehatan anda. Ada asuransi Medi+ dari Asuransi ACA, yang bisa melindungi anda dan keluarga anda. Juga ada asuransi Travelsafe. Mari kita lihat kedua produk asuransi ACA ini dengan mengklik www.aca.co.id

Di masa masa seperti sekarang ini, kesehatan tentu merupakan satu hal yang sangat berharga, untuk anda dan keluarga bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Hubungi segera call centre ACA di 021 31999100 untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi tentang Medi+ ACA.

 

(Gt)

Sumber Foto : www.epson.co.id





Berita Terbaru Lainnya

Rabu 27 Mei 2020 | 08:15 WIB

Harus Anda Lakukan Bila PSBB Berakhir

Selasa 26 Mei 2020 | 08:00 WIB

Bersiap Menghadapi New Normal

Senin 11 Mei 2020 | 15:30 WIB

Tips Membuat Bioskop Sendiri di Rumah

Kamis 30 April 2020 | 12:45 WIB

Suka Duka Bekerja di Rumah

Senin 27 April 2020 | 10:00 WIB

Manfaaatkan “Di Rumah Aja” Untuk Berantas DBD

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100