BERITA
Senin 13 Juni 2022 | 09:00 WIB
Lebih Baik Isi Bensin Full Tank Atau Tidak?


Awet atau tidaknya kendaraan tergantung bagaimana kamu merawat dan memakai kendaraan. Salah satunya adalah soal mengisi bahan bakar. Jumlah bahan bakar yang ada di dalam tangki ternyata dipercaya bisa mempengaruhi tingkat keawetan tempat penampung bahan bakar itu sendiri. Banyak pertanyaan dari para pemilik kendaraan baik mobil maupun motor, lebih baik yang mana, mengisi bahan bakar full tank atau tidak?

Idealnya mengisi bahan bakan adalah full tank. Karena saat tangki penuh maka udara di dalam tangki juga akan lebih sedikit atau tidak ada. Namun hal yang perlu diingat saat mengisi bahan bakar full tank adalah jangan mengisi sampai meluber. Bensin merupakan salah satu bahan yang mudah terbakar. Ketika mengisi bensin hingga tumpah dan berdekatan dengan sumber api, kita tidak akan bisa mencegah api menjalar ke kendaraan.

Selain itu jika seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bahan bakar, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma. Idealnya mengisi bensin full tank yang tepat adalah saat nozzle sudah berbunyi 'klik', kamu bisa minta kepada petugas SPBU. 

Sedangkan jika sering mengisi bahan bakar tidak secara full, maka isi tangki yang kosong akan diisi oleh udara, yang akan menyebabkan kondensasi atau penguapan dan menimbulkan embun. Embun kemudian akan berubah menjadi air. Air dari embun inilah yang bisa membahayakan bahan bakar dan mesin kendaraan.

Embun yang menjadi air di tangki tentu perlahan akan menetes di tangki. Air akan bercampur dengan bahan bakar. Akibatnya kualitas bahan bakar yang bercampur dengan air tentu jadi berkurang kualitasnya. Jalannya kendaraan bisa jadi tersendat.

Air ditangki bahan bakar juga dapat menimbulkan karat, Jika karat sampai tercampur dengan bahan bakar maka bisa menyumbat karburator yang mengakibatkan turunnya performa mesin kendaraan. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan mengikis permukaan dalam tangki yang menyebabkan keropos yang dapat menyebabkan bocornya tangki bahan bakar dan dapat memicu kebakaran.

Selain mengisi bensin full tank, untuk menciptakan rasa aman ketika berkendara, kamu juga bisa memberikan perlindungan untuk kendaraan kamu dengan memiliki produk Asuransi Kendaraan Bermotor dari ACA. 

ACA memiliki produk Asuransi kendaraan yang memberikan jaminan perlindungan lengkap untuk kendaraan, seperti jaminan Comprehensive, lalu ada TLO dan juga ACA memiliki produk Asuransi kendaraan unggulan yaitu Otomate. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi di www.aca.co.id atau dapat menghubungi call center ACA di 021 31999100. (FS)
 





 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100