BERITA
Jum'at 22 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Lakukan Hal Ini Supaya Rumah Aman dari Pencuri


Pencurian barang merupakan tindakan kriminal yang sering terjadi di masyarakat. Umumnya, kasus pencurian barang terjadi di rumah-rumah. Sampai saat ini, tidak ada yang bisa memastikan bahwa rumah anda 100 persen aman dari pencurian. Maka itu, penting sekali untuk waspada dari ancaman pencurian dirumah.

Seperti yang diketahui, kasus pencurian barang sudah sering terjadi dari waktu ke waktu. Lalu, ditengah pandemi covid-19, apakah angka kejahatan semakin tinggi?

Dilansir dari liputan6.com, selama masa Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19, angka kerjahatan terlihat meningkat hingga 11,80 persen. Di mana, angka kejahatan 11,80 persen tersebut di dominasi oleh kejahatan pencurian dan pemberatan (curat).

Pasalnya, ditengah pandemic covid-19 yang sedang terjadi, membuat perekonomian masyarakat Indonesia menurun, seperti banyaknya pengurangan karyawan, pemutusan hubungan kerja (PHK) dan tinggi nya harga kebutuhan hidup, membuat kejahatan makin banyak dimana saja.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi rumah dan keluarga Anda aman dari ancaman pencurian, berikut penjelasannya:

1. Mengunci pintu dan jendela

Melansir dari Safety.com ada empat dari setiap sepuluh pencurian masuk melalu pintu atau jendela yang tidak terkunci. Biasakan diri untuk terus mengunci pintu saat di malam hari atau ketika tidak ada orang dirumah.

Agar pintu yang terkunci tidak mudah dibobol, anda bisa memakai kunci ganda. Dengan adanya kunci ganda, pencuri akan menghabiskan waktu lebih lama untuk membobol pintu rumah di bandingkan proses pembobolan kunci rumah yang biasa.

2. Usahakan pencahayaan didalam rumah optimal

Pencuri atau penjahat lainnya kerap melakukan tindakan saat kondisi gelap, supaya dapat bersembunyi. Karena itu, Anda perlu memperhatikan sistem penerangan di luar rumah. Tempatkan lampu di area halaman depan dan belakang pintu masuk, serta bisa pasang di garasi atau bangunan luar ruangan lainnya.

3. Jangan biarkan rumah terlihat sepi

Perlu diketahui bahwa beberapa pencuri akan memantau target sasarannya selama berminggu-minggu sebelumnya atau sementara lain akan menyerang jika ada peluang. Pastikan rumah Anda telihat berpenghuni. Jika anda sedang berpergian dengan keluarga sekalipun, kondisikan rumah agar terlihat ramai dan tidak kosong. Misalnya, tetap meletakkan sandal dan sepatu didepan rumah, menghidupkan lampu dan sebagainya.

4. Menjaga hubungan baik dengan tetangga

Menjalin hubungan baik dengan tetangga nyatanya menjadi salah satu tips menjaga rumah dari maling. Hal tersebut dikarenakan tetangga akan membantu menjaga dan mengawasi rumah Anda, apabila dalam keadaan kosong atau sedang ditinggal bepergian. Jika memiliki hubungan baik dengan tetangga, maka antara Anda dan tetangga akan saling mengenal satu sama lain. Dengan begitu, maling akan merasa tidak nyaman untuk menjalankan aksinya.

5. Memasang sistem kemanan

Jika Anda baru memiliki rumah tips ini sangat penting untuk dilakukan. Dengan cara ini bisa memantau rumah tetap aman dan melihat gerak gerik orang yang mencurigakan didepan rumah melalui kamera CCTV.

6. Pastikan kondisi rumah tetap bersih

Membuat sekitar rumah Anda terlihat selalu bersih dari sampah sangat penting untuk “mencegah” pencuri datang. Bukan sebuah rahasia umum yang sering ditinggal oleh pemiliknya menjadi target sasaran dari pencuri. Untuk beberapa kasus, adanya sampah yang berserakan sering penanda kalau rumah tersebut aman untuk dimasuki. Oleh karena itu pencegahan paling sederhana ialah memastikan sekeliling rumah bersih dan terkesan berpenghuni. Dalam hal ini dapat meminimalisir terjadinya pencurian.

7. Menyimpan barang berharga

Pastikan untuk menyimpan barang berharga di tempat yang aman dan tidak mudah diketahui oleh orang lain. Selain itu jangan meletakkan barang berharga di tempat yang mudah dilihat oleh banyak orang guna menjaga keamaan dan mengurangi tindak pencuriaan.

Bila Anda memberikan perlindungan maksimal bagi rumah, niscaya kondisi rumah akan selalu aman dan bebas kasus pencurian. Lakukan proteksi terbaik dengan kepala dingin agar hunian pribadi tidak menjadi incaran pelaku kriminal. Risiko terjadinya pencurian dirumah anda bisa terjadi kapan saja, Oleh karena itu perlu juga namanya sebuah perlindungan yang dapat melindungi rumah aman dari kerugian pencurian. Lindungi rumah Anda dengan asuransi ASRI dari ACA.

ASRI atau Asuransi Rumah Idaman adalah produk asuransi yang memproteksi rumah anda dari Kebongkaran (Pencurian dengan kekerasan), selain itu kelebihan lainnya ialah melindungi aset bangunan rumah tinggal dan harta benda yang ada di dalamnya dari risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan & huru-hara, terorisme & sabotase, bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, kerusakan akibat air, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, serta masih banyak lagi.

Mari lindungi rumah kesayangan anda sejak dini, karena musibah dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Untuk info lebih lanjut mengenai produk ASRI, bisa kunjungi website kami di www.aca.co.id lalu pilih ke menu produk. Atau bisa hubungi call center ACA di 021 31 999 100 untuk mendapatkan informasi lengkapnya, juga untuk menjawab keingintahuan anda diseputar asuransi ini.

ACA Asuransi, Perlindungan kami adalah kenyamanan anda.

Risiko? ACAinsaja

(Supandy)





Berita Terbaru Lainnya

Jum'at 29 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Lakukan hal ini saat terjebak macet!

Jum'at 22 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Lakukan Hal Ini Supaya Rumah Aman dari Pencuri

Kamis 21 Oktober 2021 | 10:00 WIB

WFH Nyaman & Menyenangkan, Lakukan Hal Ini!

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100