BERITA
Selasa 05 Juli 2022 | 10:15 WIB
Ketahui Istilah RON pada Bahan Bakar Minyak (BBM)


Bahan bakar minyak banyak dipakai oleh kendaraan bermotor karena proses pembakaran yang mudah oleh mesin serta hasil pembakarannya tidak menimbulkan zat emisi yang buruk. Nilai mutu minyak dihitung berdasarkan RON (Random Octane Number) atau angka Oktan. Berdasarkan nilai Oktan ini, berikut beberapa jenis BBM yang harus Kamu ketahui:

RON 88, bahan bakar minyak yang digunakan pada mobil dan motor dengan nilai kompresi rendah, yaitu 9:1. Tetapi saat ini sudah tidak tersedia di SPBU di Indonesia.

RON 90, bahan bakar ini cocok digunakan pada kendaraan yang memilki kompresi antara 9:1 sampai 10:1. Kualitas yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluaan sehari-hari, dan sebagai kelebihannya BBM oktan 90 memiliki harga jual yang paling terjangkau.

RON 92, mobil dengan syarat penggunaan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal direkomendasikan menggunakan bahan bakar ini. Bahan bakar ini telah menggunakan ecosave technology yang mampu membuat mesin menjadi lebih bersih, menjaga kemurnian bahan bakar, melindungi dari karat, dan juga pada saluran bahan bakar serta ruang bakar pada mesin.

RON 95, bahan bakar jenis ini dapat digunakan untuk mesin yang memiliki rasio kompresi lebih tinggi seperti 11:1 hingga 12:1. BBM dengan oktan 95 memiliki kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik.

RON 98, cocok untuk mobil dengan rasio kompresi 11:1 sampai 13:1, yang biasa pada mobil sport, mobil premium, alias mobil performa tinggi. Menggunakan BBM oktan tinggi ini membuat mobil semakin lincah, torsi yang dihasilkan lebih tinggi, kecepatan meningkat, tenaga mesin semakin kuat, dan pembakaran BBM pada mesin lebih sempurna.

Pilihan bahan bakar minyak yang tepat membuat laju kendaraan semakin prima dan membat mesin awet serta menciptakan kenyamanan pada saat berkendara.  Jangan lupa untuk menciptakan rasa aman dan nyaman ketika berkendara, kamu juga bisa memberikan perlindungan untuk kendaraan kesayangan dengan memiliki produk Asuransi Kendaraan Bermotor dari ACA.

ACA memiliki produk Asuransi kendaraan yang memberikan jaminan perlindungan lengkap untuk kendaraan, seperti jaminan Comprehensive, lalu ada TLO dan juga ACA memiliki produk Asuransi kendaraan unggulan yaitu Otomate dan juga produk asuransi kendaraan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi di www.aca.co.id atau dapat menghubungi call center ACA di 021 31999100.





 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100