BERITA
Senin 10 January 2022 | 08:45 WIB
Bijak Mengelola Keuangan, Ikuti Cara Ini!


Semakin bertambahnya usia, semakin besar pula pengeluaran yang harus dikeluarkan tiap bulan. Tidak hanya kebutuhan pokok, sebagai manusia yang menjalankan aktifitas, kita juga harus mengeluarkan biaya untuk memenuhi gaya hidup yang dijalani. Terlebih lagi naiknya harga kebutuhan pokok dari waktu ke waktu menjadi salah satu alasan bertambah besarnya pengeluaran. Oleh karena itu anda harus mengontrol keinginan untuk berbelanja suatu barang serta tanamkan mindset anda untuk tetap menabung dan selalu berhemat.

Mulailah dengan menyisihkan uang yang anda dapatkan, gunakan uang secara bijak dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Jika anda tidak bisa mengelola keuangan anda, maka nantinya anda akan mengalami kesulitan ketika ada pengeluaran tak terduga dan tidak bisa merasakan hasil dari tabungan anda selama ini.

Ada banyak cara sederhana yang bisa anda gunakan agar bisa mengelola keuangan dengan bijak. Mari simak penjelasannya:

  1. Buat list anggaran harian

Mulai catatlah pendapatan dan pengeluaran sehari-hari anda, supaya bisa mengetahui apa saja uang yang sudah dikeluarkan, dan darimana pendapatan sehari-hari anda dapatkan. Dalam hal ini anda bisa mengontrol keuangan, dan bisa sebagai alarm jika sudah menghabiskan uang dengan sesuatu yang tidak dibutuhkan saat itu.

  1. Hindari berbelanja berlebihan

Seringkali orang cenderung membeli sesuatu apapun berdasarkan keinginan, bukan sesuai dengan kebutuhan. Memang tidak mudah untuk menahan keiginan berbelanja, tapi sebelum berbelanja pastikan barang yang dibeli sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Jangan membeli barang hanya karena tampilannya yang menarik, Jadi pikirkan terlebih dahulu sebelum anda membayar atau menggesek kartu kredit anda.

  1. Kurangi belanja makanan dan minuman

Sekarang ini banyak sekali toko makanan dan minuman yang menarik. Namun jika memasak atau membuat sendiri makanan dan minuman dirumah tentu akan membuat pengeluaran lebih dikit. Contoh kecilnya seperti minuman kopi. Anda bisa membuat kopi sesuai dengan selera dan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harus beli di kafe atau kedai nya langsung.

  1. Hilangkan gaya hidup ikut-ikutan

Jika ingin fokus untuk menghemat uang, tips ini merupakan kunci utama untuk anda bisa mengelola keuangan dengan baik. Janganlah terpancing oleh gaya hidup lingkungan anda secara berlebihan atau impulsif. Contohnya anda mendaftarkan diri untuk menjadi member di tempat gym, yang dimana harus membayar iuran kartu tiap bulan. Padahal anda bisa berolahraga tanpa harus menjadi member gym, seperti berlari, bersepeda atau menaiki tangga pada saat anda ke tempat kerja. Namun jika anda mendaftarkan diri ke tempat gym, pastikan memang anda benar-benar membutuhkan olahraga disana, bukan karena gaya hidup ikut-ikutan.

  1. Manfaatkan promo diskon atau cashback

Sebelum Anda pergi berbelanja atau makan di luar, cobalah terlebih dahulu check apakah ada voucher diskon atau cashback yang bisa digunakan. Anda bisa mencari aplikasi yang selalu menyediakan kupon diskon atau cashback, walaupun terkesan pelit dan pengiritan tapi cara hemat ini merupakan strategi mengelola uang dengan baik.

  1. Sisihkan uang gajian atau uang jajan

Kalau selama ini anda selalu terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, maka cobalah sisihkan dan alihkan uang yang anda gunakan untuk berbelanja atau jajan sehari-hari ketabungan anda. Dalam hal ini sangat berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting atau pemborosan.

  1. Mulai investasi & proteksi

Setelah anda menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan pada kebutuhan sehari-hari. Ada baiknya sisa dari uang gaji anda dialihkan untuk investasi & proteksi dengan mengikuti asuransi, deposito, atau membeli barang yang memiliki nilai jual tinggi seperti emas, tanah dan lainnya.

 

Hal ini berbeda dengan menabung, jika menabung Anda bisa mengambilnya setiap saat. Kalau Investasi, uang yang Anda simpan dalam bentuk lain dan tidak bisa Anda ambil kapanpun sesuai keinginkan. Cara ini tidak hanya membuat uang anda diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan anda di masa depan.

 

Misalnya jika ada sesuatu hal yang tidak terduga yang membuat anda harus mengeluarkan uang banyak untuk memperbaikinya. Maka asuransi merupakan pilihan terbaik untuk mengantisipasi risiko yang akan terjadi dikemudian hari. ACA Asuransi memiliki produk yang dapat menjamin terjadinya risiko dikemudian hari, Seperti Asuransi Kendaraan bermotor (Otomate), Asuransi Rumah Idaman (ASRI), Asuransi Perjalanan (New Travel Safe), Asuransi Kesehatan (Medi+), Asuransi Kanker Wanita (Wellwoman), Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident), Asuransi Mikro seperti Asuransi Demam Berdarah dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi website di www.aca.co.id atau bisa hubungi call center di 021 31999100

 

Ada pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati atau sedia payung sebelum hujan. Sebab, kita tidak pernah tau kapan risiko akan datang. Maka itu mari berasuransi di ACA untuk membantu meminimalkan risiko yang akan terjadi di kemudian hari.

 

Karena ACA Asuransi, Perlindungan Kami adalah Kenyamanan Anda

 

Penulis: Supandy





Berita Terbaru Lainnya

Kamis 20 January 2022 | 09:30 WIB

Ketahui Fungsi dan Komponen Rem Cakram Pada Mobil

Senin 17 January 2022 | 13:00 WIB

Jangan Anggap Sepele Air Wiper Kosong pada Mobil

Senin 10 January 2022 | 08:45 WIB

Bijak Mengelola Keuangan, Ikuti Cara Ini!

Kamis 06 January 2022 | 07:00 WIB

ACA TETAP GEMILANG DI TENGAH PANDEMI COVID-19

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100