BERITA
Rabu 30 Oktober 2019 | 13:00 WIB
Beban Mobil vs Keselamatan Anda


Tahukah anda, saat melakukan perjalanan wisata khususnya yang berjarak jauh, salah satu penyebab kecelakaan di jalan raya adalah karena beban berlebih? Sering terjadi orang membawa beban berlebih berakibat kepada kecelakaan. Semakin berat beban maka makin besar juga gaya sentrifugal mobil. Titik keseimbangan mobil ikut berubah ke atas sehingga meningkatkan potensi limbung. Gaya yang terjadi di luar batas kewajaran ini membuat mobil sulit untuk dikendalikan. Mobil ini pun akan menjadi liar dan berakibat fatal seperti terbalik atau menabrak.

Selain itu, mobil juga butuh jarak pengereman yang lebih jauh, belum lagi kalau dalam kondisi jalan licin atau bergelombang. Tugas kita makin panjang kalau sistem keamanan kendaraan masih kurang mumpuni, seperti minus rem ABS. Jadi, bagaimana sebaiknya bila kita punya banyak barang bawaan? Beberapa hal dibawah ini perlu anda ketahui, sebelum membawa banyak barang dalam mobil anda, diantaranya adalah:

  • Ketahui apa jenis mobil anda. Apakah sedan, MPV, Sport, atau Mini bus. Ini terkait dengan berapa kapasitas beban maksimal yang disarankan. Bila membandingkan sedan dengan MPV misalnya, MPV punya kapasitas lebih besar. Artinya, untuk mobil berkapasitas mesin, interior, dan eksterior lebih kecil, perlu lebih pintar memadukan jumlah penumpang serta barang bawaan. Ini untuk kestabilan di saat tertentu. Misalnya, saat berjalan lurus mungkin tidak terasa, tetapi saat anda bermanuver seperti pindah jalur, belok atau menikung, bisa timbul gaya sentrifugal. Nah, ini akan terasa saat mobil anda membawa muatan banyak, terutama buat mobil tinggi seperti MPV dan SUV.
  • Untuk mengetahui lebih pastinya kelayakan beban, ketahuilah berapa Gross Vehicle Weight (GVW) atau berat total kendaraan dan berat kosong (curb weight). Jika GVW dikurangi berat kosong terdapat selisih daya angkut maksimal yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Misalnya, bila mobil anda memiliki GVW seberat 1.570 kilogram dan berat kosong 975 kilogram. Maka beban maksimal yang dapat diangkut adalah 595 kilogram untuk orang dan barang. Disini daya angkut mobil tidak hanya berat barang yang dibawa melainkan jumlah total berat penumpang dan pengemudi. Tentang ukuran, bisa anda cek sesuai jenis mobil anda, misalnya melalui internet.
     
  • Jika anda sering bepergian dengan jarak yang jauh dan perlu membawa barang, pertimbangkanlah untuk memakai roof rack di atas mobil anda. Ini untuk mengantisipasi jika barang yang dibawa tidak muat di dalam bagasi mobil, atau agar anda dan keluarga bisa lebih leluasa di dalam mobil. Apalagi bila muatan orang cukup banyak. Rooftop lebih aman dalam hal keaerodinamisan mobil. Bila mobil anda kecil bagaimana? Bisa saja, dan sebaiknya roof box tingginya tidak lebih dari 50 sentimeter.
     
  • Perlu diingat, semakin berat bawaan, konsumsi bahan bakar semakin besar. Beban 20 kilogram misalnya, akan menambah konsumsi bahan bakar sekitar 1%.
     
  • Beban berlebih juga mempengaruhi kinerja suspensi dan ban mobil sehingga tidak optimal. Bukan tidak mungkin, lama kelamaan, suspensi ini akan amblas, rigid, dan mengalami kebocoran. Ban mobil juga memiliki kemampuan maksimal mengangkut beban. Kalau berlebihan, risikonya ban akan meledak dan mengancam keselamatan pengemudi serta penumpangnya.

Itulah beberapa poin yang perlu anda ketahui. Selanjutnya, kami menyarankan beberapa hal seperti di bawah ini :

  • Rasakanlah dahulu bagaimana kestabilan mobil saat semua beban masuk. Bila memang mobil stabil bergerak, dan pijakannya kuat di jalan, lanjut saja jalan. Perlu diketahui, adanya tambahan beban, akan membuat mobil lebih menapak sempurna pada permukaan jalan. Artinya, mobil dengan muatan yang sesuai dengan kapasitas angkut masih aman untuk dikemudikan, malah lebih stabil.
  • Jika tidak semua barang bisa masuk, buatlah prioritas, barang bawaan mana yang harus dan sangat penting. Taruh barang besar dan berat di bagian paling bawah untuk menjaga keseimbangan mobil serta mencegah bawaan berat menimpa dan merusak barang yang lebih ringan. Perhatikan bentuk barang, ada yang fleksibel bila diletakkan seperti dengan tas yang fleksibel,ada juga yang kaku seperti koper.
  • Beban jangan menghalangi pandangan pengemudi. Juga jangan menghalagi apalagi menutupi makanan atau minuman yang akan anda konsumsi saat di jalan. Tingginya tumpukan koper dan barang di bagasi usahakan jangan sampai menutupi jendela bagian belakang.Untuk sekedar jaga jaga, pastikan di mobil anda ada kotak P3K. Pastikan semua barang itu mudah diakses dan tidak dihalangi barang bawaan lain.
  • Terakhir saran kami, lindungilah diri anda dan mobil anda dengan asuransi. Pilih produk asuransi dari ACA, baik ACA Travelsafe maupun ACA Otomate. Siapapun tak akan bisa memastikan bagaimana keselamatan kita, apalagi dalam perjalan jauh, karena dijalan kita terus berinteraksi dengan kendaraan lain. Hubungi call center ACA di 021 31 999 100. Atau klik www.aca.co.id.




Berita Terbaru Lainnya

Jum'at 01 November 2019 | 15:30 WIB

Petualangan Extreme di Megamendung Bogor

Kamis 31 Oktober 2019 | 14:00 WIB

ACA Berikan Promo Menarik di FINEXPO 2019

Rabu 30 Oktober 2019 | 13:00 WIB

Beban Mobil vs Keselamatan Anda

Rabu 23 Oktober 2019 | 14:00 WIB

Sikap Ideal Saat Mobil Ditabrak

 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100