Asuransi Kebakaran







Sungguh memilukan apabila rumah, kantor, pabrik, dan harta benda yang Anda kumpulkan dan miliki selama bertahun-tahun harus lenyap dalam waktu singkat hanya karena satu musibah, KEBAKARAN. Asuransi kebakaran ACA menawarkan solusi yang mengilangkan kekhawatiran Anda atas musibah kebakaran.

Apa saja yang bisa diasuransikan?

  • Bangunan
  • Perabotan Rumah Tangga
  • Perlengkapan Rumah
  • Mesin
  • Barang dagangan
  • persediaan atau barang jadi, dsb

Apa saja yang dijamin?

Sesuai dengan Polis Standar Kebakaran Indonesia yang diterbitkan oleh Dewan Asuransi Indonesia, polis ini menjamin risiko standar , yaitu:

  • Kebakaran
  • Petir
  • Ledakan
  • Asap
  • dan akibat kejatuhan pesawat terbang
Selain itu anda pun dapat mengajukan permohonan untuk memperluas risiko standar antara lain kerusuhan, tanah longsor, banjir, biaya pembersihan puing.

ADAKAH RISIKO yang tidak dijamin?

Pada polis asuransi kebakaran risiko-risiko yang tidak dijamin dicantumkan pada persyaratan polis, antara lain:

  • Kebakaran atau ledakan dari api yang timbul sendiri (self combustion), hubungan arus pendek (short circuit) atau api yang timbul dari sifat barang itu sendiri (inherent vice)
  • Kerusakan akibat perang, penyerbuan, aksi musuh asing dan kegiatan lain sejenisnya
  • Reaksi atau radiasi nuklir atau pencemaran radio aktif/li>

Siapa saja yang memerlukan produk ini?

Setiap individu atau badan usaha yang memiliki kepentingan atas harta benda yang diasuransikan seperti: pemilik, penyewa, bank atau lembaga keuangan pemberi kredit.

Faktor apa saja yang mempengaruhi suku premi?

Hal-hal yang umum diperhatikan adalah okupasi atau penggunaan bangunan, kelas konstruksi bangunan, peluang terjadi musibah, keadaan sekeliling atau lokasi bangunan, catatan kerugian yang pernah terjadi.






Bagaimana cara menghitung premi asuransi?


Premi umumnya dihitung selama satu tahun (12 bulan) dengan rumus: Jumlah Uang Pertanggungan (JUP) x suku premi per tahun (per seribu).
JUP merupakan nilai harta benda yang akan diasuransikan, tidak termasuk harga tanah.

Asuransi Pencurian & Pembongkaran







Asuransi ini merupakan perluasan jaminan asuransi kebakaran. Menawarkan perlindungan kerugian akibat kecurian dan kebongkaran, dengan syarat bangunan atau harta benda sudah terlindungi asuransi kebakaran.

 

Apa saja yang bisa diasuransikan?

Perlengkapan rumah tangga dan perlengkapan pribadi seperti komputer, televisi, radio, atau perabot rumah tangga lainnya, atau perlengkapan khuus selain mebel atau piano.


Setiap harta benda yang akan diasuransikan wajib diberikan keterangan rinci, antara lain: merk, tipe, tahun pembuatan, harga pembelian, jumlah unit. Rincian ini sangat diperlukan, jumlah unit. Rincian ini sangat diperlukan baik oleh nasabah maupun pihak asuransi. Mengapa demikian? Jika terjadi kebongkaran maka nasabah mudah mengajukan klaim berupa jenis barang dengan spesifikasi seperti pada lampiran polis asuransi sekaligus prakiraan besar kerugian yang terjadi.

Risiko apa saja yang dijamin?

  • Hilangnya barang-barang akibat pencurian yang didahului tindakan kekerasan atau paksaan atau diikuti oleh perusakan terhadap bangunan.
  • Selain itu, dijamin pula rusaknya barang-barang atau bangunan akibat tindakan kekerasan tersebut.

adakah RISIKO yang tidak dijamin?

  • Kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh tindakan anggota keluarga tertanggung atau orang-orang yang bekerja pada tertanggung;
  • Kerugian yang dapat diasuransikan melalui asuransi kebakaran atau asuransi kaca; surat berharga, saham, uang kertas, uang logam, dokumen dan sejenisnya, kecuali dinyatakan secara tegas dalam ikhtisar polis; perang, kerusuhan dan sejenisnya; peraturan pemerintah.

Siapa saja yang memerlukan produk ini?

Perusahaan atau individu yang telah mengasuransikan bangunannya terlebih dulu dengan polis asuransi kebakaran. Bangunan tempat harta benda yang diasuransikan berada dapat berupa bangunan rumah tinggal, kantor, wartel, warnet, pabrik garmen atau tempat usaha lainnya.

Faktor apa saja yang mempengaruhi suku premi?

Lokasi dan penggunaan bangunan; keadaan bangunan misalnya apakah dihuni atau lebih banyak ditinggal penghuninya; keadaan lingkungan; kerugian akibat perampokan atau pembongkaran yang pernah terjadi; jenis dan nilai harta benda yang akan diasuransikan serta lokasi penyimpaannya di dalam bangunan tersebut.


Bagaimana cara menghitung premi asuransi?


Premi = Jumlah Uang Pertanggungan (JUP) x suku premi (dalam persen) per tahun.

Asuransi Rumah Idaman (ASRI)







ASRI merupakan produk asuransi properti proteksi lengkap yang merupakan perluasan dari asuransi kebakaran dengan premi yang sangat terjangkau.

 

Mengapa ASRI-Asuransi Rumah Idaman?


Proteksi lengkap.
Premi murah mulai dari Rp 100.00,-/tahun
Klaim cepat dengan garansi pembayaran klaim 14 hari kerja (setelah dicapai kesepakatan menyangkut nilai klaim).
Bayar premi mudah: ATM BCA, Kartu Kredit, Mobile Banking.
Memberikan manfaat tambahan, seperti biaya arsitek dan biaya pemadam kebakaran, dan pembersihan puing, tanpa tambahan premi.
Tanpa proses survey bagi rumah di kompleks perumahan

apa saja yang dijamin?


Kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap
Kerusuhan & huru-hara
Pencurian dengan kekerasan (kebongkaran)
Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga
Biaya arsitek, surveyor, dan konsultan
Kerusakan yang disengaja dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran
Biaya pemadam kebakaran
Akibat tertabrak kendaraan
Pembersihan puing-puing

Jaminan Perluasan


Angin topan, badai, banjir & kerusakan akibat air
Gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan tanah longsor


FAQ Mengenai ASRI

1. Apakah bedanya ASRI dengan asuransi rumah yang saya miliki sekarang?

Asuransi rumah yang Anda miliki kemungkinan besar hanya menjamin risiko standar berupa kebakaran saja yang dapat diperluas dengan membayar premi tambahan terhadap risiko kerusuhan dan huru-hara.

ASRI memberikan jaminan yang lebih luas daripada asuransi rumah biasa. ASRI melindungi rumah Anda terhadap risiko-risiko kebakaran, pencurian dengan kekerasan (kebongkaran), kerusuhan dan huru-hara, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, biaya arsitek / surveyor dan konsultan, kerusakan akibat tertabrak kendaraan. Jaminan dapat diperluas dengan premi tambahan terhadap risiko angin topan / badai / banjir / kerusakan akibat air dan risiko gempa bumi / tsunami / letusan gunung berapi.

2. Rumah saya bergaya etnik, apakah dapat diasuransikan melalui ASRI?

Rumah bergaya etnik dapat saja diasuransi melalui ASRI dengan syarat konstruksi bangunan didominasi oleh batu bata atau bahan tahan api lainnya, lantai tidak terbuat dari kayu. Namun, jika unsur kayu banyak digunakan untuk konstruksi bangunan maka rumah tidak dapat diasuransikan dengan ASRI.

3. Saya baru membeli rumah melalui KPR bank dengan lama cicilan 10 tahun. Dapatkah saya membeli polis ASRI?

Bank umumnya mewajibkan nasabah mengasuransikan bangunan rumah tersebut. Perlu diketahui bahwa nilai yang diasuransi pihak bank adalah sisa hutang Anda kepada bank. Misal: KPR yang Anda ambil senilai Rp 100 juta, maka pada awal pertama periode KPR, rumah Anda diasuransi senilai Rp 100 juta. Pada tahun ke 8 misalnya sisa hutang Anda tinggal Rp 50 juta, maka rumah Anda diasuransikan hanya Rp 50 juta saja, padahal untuk membangun kembali bangunan yang sama saat ini Anda mungkin perlu dana Rp 300 juta. Anda dapat mengasuransikan sendiri secara terpisah dari asuransi pihak bank, yaitu asuransi bangunan rumah senilai Rp 250 juta, plus isi bangunan rumah Anda misal Rp 100 juta.

4. Rumah saya bertingkat 3, apakah dapat diasuransikan dengan ASRI?

Rumah anda dapat diasuransikan meski pun bertingkat 3 selama bahan lantai 2 dan lantai 3 tidak terbuat dari kayu atau bahan lain yang mudah terbakar.

5. Bagaimana dengan rumah kontrakan yang saya tempati? Dapatkah diasuransikan dengan ASRI?

Rumah kontrakan dapat diasuransi namun dengan mencantumkan nama pemilik rumah dan nama Anda sekaligus.

6. Di halaman belakang rumah saya terdapat menara tanki air dan antena parabola. Dapatkah keduanya diasuransikan?

ASRI menjamin harta benda yang terdapat diluar bangunan, termasuk tanki air dan antena parabola.

7. Apakah tanaman hias bisa dijamin oleh ASRI?

Tidak dapat diasuransi karena termasuk mahluk hidup, demikian juga dengan hewan peliharaan di dalam rumah.

8. Dapatkah apartemen diasuransikan sedangkan biasanya bangunan apartemen sudah diasuransi?

ASRI dapat menjamin isi apartemen milik Anda, tanpa perlu mengasuransikan bangunannya.

9. Garasi rumah saya dijadikan warung kecil-kecilan. Berapa rate untuk ASRI-nya?

ASRI adalah asuransi khusus untuk bangunan yang digunakan sebagai rumah tinggal. Jika garasi dijadikan sebagai warung maka fungsi bangunan sudah bertambah menjadi warung atau kantin, dan artinya tidak dapat dijamin oleh ASRI

10. Saya memiliki mobil yang lebih sering diparkir di garasi. Apakah mobil saya dapat diasuransikan sekalian melalui ASRI?

Mobil tidak dapat diasuransi melalui ASRI karena terdapat asuransi tersendiri yaitu asuransi kendaraan bermotor.

11.Dapatkah saya mengasuransikan barang-barang seni atau barang antik?

Barang seni atau barang antik tidak dapat diasuransikan mengingat sulit untuk dilakukan penilaian berapa nilai pasarnya jika terjadi musibah. Jaminan ASRI standar mencakup jaminan terhadap risiko kebakaran, pencurian dengan kekerasan (kebongkaran), kerusuhan dan huru-hara, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, biaya arsitek / surveyor dan konsultan, kerusakan akibat tertabrak kendaraan. Jaminan dapat diperluas dengan premi tambahan terhadap risiko angin topan / badai / banjir / kerusakan akibat air dan risiko gempa bumi / tsunami / letusan gunung berapi.

Berikut adalah tabel jaminan ASRI


TABEL JAMINAN, RISIKO SENDIRI DAN BATAS PENGGANTIAN  
RISIKO DAN JAMINAN TAMBAHAN RISIKO SENDIRI BATAS PENGGANTIAN MAKSIMUM
Kebakaran, petir,ledakan, kejatuhan pesawat, asap Nil 100% JNP
Kerusuhan & Huru-hara 10% dari klaim,
min Rp. 10 juta
100% JNP
Terorisme & Sabotase 15% dari klaim 20% JNP
maks Rp 100 juta
Pencurian dengan kekerasan /kebongkaran 5% dari klaim,
min Rp. 500.000,-
100% dari isi rumah
Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga - 20% JNP
Kematian karena Kecelakaan - Rp 5 juta / kejadian
maks 5 orang
Biaya Pengobatan akibat kecelakaan - Rp 1 juta / orang / tahun
maks 5 orang
Biaya Akomodasi Sementara - Rp 300.000,-/hari
maks Rp 9 juta
Biaya-Biaya Arsitek, Surveyor dan Konsultan - 5% JNP
Kerusakan yang disengaja dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran - 100% JNP
Biaya Pemadaman Kebakaran - 5% JNP
Akibat Tertabrak Kendaraan - 10% JNP
Pembersihan Puing-Puing - 10% JNP
SUKU PREMI / RATE PER TAHUN MULAI DARI 0.088% DARI JUMLAH NILAI PERTANGGUNGAN
JAMINAN PERLUASAN (Rate ditentukan berdasarkan lokasi pertanggungan)
Angin Topan, Badai, Banjir dan Kerusakan akibat Air (*) 10% dari klaim 100% JNP
Gempa Bumi,Tsunami, Letusan Gunung Berapi (*) 2,5% dari JNP 100% JNP
(*) Jaminan Perluasan harus dengan persetujuan penanggung dan dengan penambahan premi
JNP : Jumlah Nilai Pertanggungan
Premi minimum Rp. 100.000,-
RATE
No. Luas   Jaminan Rate
1.   ASRI   Standard 0,088 %
2.   ASRI + Banjir 0,110 %
3.   ASRI + Gempa Bumi 0,125 % *
4.   ASRI + Banjir + Gempa Bumi 0,150 % *
(*) Ketentuan Rate untuk item 3 & 4 ("ASRI + Gempa Bumi"   &   "ASRI + Banjir + Gempa Bumi") tidak berlaku di daerah-daerah berikut ini:
1. Provinsi Daerah Istimewa Aceh
2. Provinsi Bengkulu
3. Kota Padang
4. Pulau Nias

Asuransi Toko







Kelangsungan usaha Anda diperoleh dengan perjuangan dan modal yang tidak sedikit. Jangan biarkan musibah yang tidak Anda harapkan menghancurkan semua kerja keras dan impian Anda. Lindungi usaha Anda dengan Asuransi Toko dari ACA.

 

 

Apa saja yang dijamin?

  • Kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap.
  • Santunanatas gangguan operasional usaha.
  • Kehilangan uang.
  • Kerugian akibat pengangkutan barang.
  • Asuransi kecelakaan diri selam jam kerja.
  • Biaya pengobatan akibat kecelakaan.


Manfaat Tambahan?

  • Biaya arsitek, surveyor, dan konsultan
  • Biaya Dinas Kebakaran
  • Barang Selama berada dalam kendaraan
  • Biaya pembersihan puing
  • Akibat tertabrak kendaraan
  • Bebas penilaian nilai jumlah pertanggungan atas klaim yang terjadi
  • Penggantian yang dibayarkan tanpa depresiasi (reinstatement)
  • Setelah klaim nilai polis dipulikan secara otomatis
  • Bebas prorate








FAQ Asuransi Toko

Toko seperti apa yang bisa dilindungi dengan Asuransi Toko?

Asuransi Toko terbuka bagi semua jenis toko, baik toko-toko yang berada di pasar, toko yang berdiri sendiri maupun yang menyatu dengan rumah tinggal.

Persyaratan apa yang harus dipenuhi untuk melindungi toko dengan Asuransi Toko?

Toko yang akan diasuransikan memiliki karakteristik bangunan kelas I, dimana bangunan toko sebagian besar terbuat dari bahan tahan api (beton dan permanen). Penggunaan bangunan di sekitar toko, juga merupakan toko maupun rumah tinggal.

Bagaimana pengajuan klaim Asuransi Toko?

Pengajuan klaim Asuransi Toko sangat mudah. Anda bisa menghubungi layanan HOTLINE ACA 24 JAM di 021-31 999 100 maupun melalui kantor-kantor ACA di seluruh Indonesia.

Berapa Lama Penggantian Klaim Asuransi Toko?

ACA akan memberikan jaminan penggantian klaim Asuransi Toko selambat-lambatnya 14 hari kerja setelah dokumen yang dibutuhkan telah dilengkapi oleh Tertanggung.

Berapa suku premi (rate) Asuransi Toko?

Suku premi ShopSafe per tahun adalah 2 per mil untuk toko & 3 per mil untuk restoran

Bagaimana menghitung premi Asuransi Toko?

Untuk menghitung premi yang harus Anda bayarkan adalah sebagai berikut :Misalkan Jumlah Nilai Pertanggungan (JNP) toko Anda beserta nilai isi tokonya adalah Rp 1 miliar. Besar preminya adalah nilai JNP toko Anda dikalikan dengan rate Asuransi Toko. Maka premi per tahunnya adalah sebagai berikut:

Rp 1.000.000.000 x 2%o = Rp 2.000.000*

*belum termasuk biaya administrasi polis

Adakah jaminan uang kembali ?

ACA akan memberikan jaminan uang kembali selambat-lambatnya 30 hari setelah Tertanggung menerima polis dan jika Tertanggung keberatan atas isi perjanjian di dalam polis tersebut. Namun ACA tidak mengembalikan premi jika tidak ada klaim hingga akhir periode polis.